Format Skripsi Dengan LaTeX

Postingan saya beberapa hari yang lalu “Buku Pertama Yang Saya Tulis Dengan LaTeX" mendapat 1 komentar dari seorang pengunjung blog. Komentarnya meminta saya berbagi format file \LaTeX yang dapat digunakan untuk menulis buku skripsi. Menindaklanjuti komentar tersebut, baru saja saya mengedit file \LaTeX yang dulu saya gunakan menghasilkan buku laporan skripsi saya. File source code \LaTeX ini saya modifikasi supaya dapat digunakan oleh orang lain yang ingin menulis skripsinya dengan \LaTeX. Beberapa keterangan saya tambahkan supaya orang mudah memodifikasi ulang format yang saya sediakan.

Bagi Anda yang membutuhkan format source code \LaTeX untuk menulis skripsi, silakan mengambilnya  di sini dan di sini. Contoh format latex tersebut terpaksa saya buat dalam bentuk PDF, karena WordPress tidak bisa menerima upload file *.tex. Silakan Anda lihat kedua file PDF tersebut. Jika Anda ingin menggunakan sebagai source code \LaTeX, copy saja isi file “FILE UTAMA.pdf” ke dalam notepad lalu simpan dengan nama “FILE_UTAMA*.tex“; sementara untuk file “daftarpustaka.pdfcopy dan simpan dengan nama “daftarpustaka.bib“.

13 thoughts on “Format Skripsi Dengan LaTeX

  1. makasih ya mas Tedy…saya mahasiswa matematika UNJ. untuk skripsi qt wajib pke latex. daro semester pertama juga tugas2 hrus dkerjain pke latex. insyaAllah templatenya bermanfaat buat saya. Boleh saya kasih k tmen2 yg lain kan?

  2. Duh, mungkin saya sangat terlambat mengetahui Latex. Thanks untuk Infox. ni rencana mau susun thesisx dengan Latex.

  3. salam kenal mas tedy,

    wah… akhirnya saya bertemu dengan LaTeX yang ada hubungannya dengan TA. terima kasih file template LaTeX-nya ya mas. saya sudah desperado mencari template LaTeX buat TA. soalnya kalo pake word bener-bener nggak banget hasilnya. :p hidup LaTeX~! hehehe…

  4. salam kenal mas tedy,

    saya lagi lagi bikin penulisan skripsi mas pake latex. saya kuarng mengerti tentang penulisan di daftar pustaka.
    ini saya copy dari referensi mas tedy.
    ===========================================
    @book{TA1,%bagian ini adalah label yang dipakai ketika akan merujuk. untuk merujuk ke buku ini
    gunakan \cite{TA1}
    author = “Castagnetto, Jesus, et al.”,
    title = “Professional PHP Programming”,
    publisher = “Wrox Press Ltd”,
    address=”Arden House, 1102 Warwick Road, Acock’s Green, Birmingham B27 6BH, UK”,
    year = 1999
    }
    =============================================

    diatas kan ada kode TA1 (bagian untuk merujuk).
    pertanyaannya dimana tuh di ketik ‘TA1’ pada penulisan?
    misal di bab 2.

    kalau ada contoh yg lebih spesifik tolong kirim ke e-mail saya ya mas.
    😀

    sebelumnya saya ucapkan terimaksih

  5. Halo Pak tedy,
    saya adhi seorang mahasisiswa.
    Saya bingung dengan fungsi setiap perintah yang terdapat pada usepackage. Tolong dijelaskan.
    Terimakasih

  6. Saya pernah ngetik skripsi metematika pake Latex, tapi penomoran definisi dan teorema digabung. Definisi yang pertama kali saya buat, hasilnya adalah Definisi 1. Tapi ketika memulai Dalil yang pertama, justru yang keluar adalah Dalil 2. Gimana ya caranya supaya penomoran Definisi, Dalil dan Akibat dihitung masing-masing?
    Terima kasih

Leave a comment