Buku Pertama Yang Saya Tulis Dengan LaTeX

Buku pertama yang saya tulis dengan menggunakan \LaTeX adalah buku skripsi saya. Bulan April-Juni 2006 saat saya menyusun tugas akhir di ITB, saya menulis buku laporan tugas akhir dengan menggunakan \LaTeX.

Berikut ini adalah file buku tugas akhir saya (dalam versi pdf), silakan dilihat di sini.

Bagi Anda yang sedang menyusun buku laporan tugas akhir/skripsi, Anda bisa melihat hasil yang diperoleh jika dokumen ditulis dengan menggunakan \LaTeX. Saya sangat merekomendasikan \LaTeX untuk menulis buku laporan tugas akhir/skripsi, karena hasilnya menurut saya lebih bagus dibandingkan jika ditulis menggunakan word processor. Bila Anda ingin menulis buku skripsi Anda menggunakan \LaTeX dan membutuhkan template source code, silakan hubungi saya.

21 thoughts on “Buku Pertama Yang Saya Tulis Dengan LaTeX

  1. tutorial Kile Pak?😀
    wah saya malah belum pernah coba. itu interface yang WYSIWYG ya untuk LaTeX? saya lebih suka pakai TeXnicCenter Pak…ketik lalu compile deh

  2. Halo Dzaki Fahmi,
    silakan hubungi saya melalui email untuk meminta format LaTeX untuk skripsi. Mudah-mudahan dalam waktu dekat saya juga bisa membuat postingan tentang format skripsi dengan LaTeX.

  3. Pingback: Format Skripsi Dengan LaTeX « Blognya Tedy Tirtawidjaja

  4. wuihh,

    makasih banget templatenya,
    sedang mo dicoba.
    aku sudah hampir putus asa nyari template TA latex (bikin sendiri males) hehehe…

    thanks

  5. waduh,

    ada masalah nih, dulu bikinnya pake apa?
    aku coba compile langsung (di edit dikit ding) pake miktex kok gak bisa (banyak errornya)
    – jeleknya kalo error cuma kasih tanda ‘?’ gak di kasih tau dimana –

    masih nubi nih.

  6. Pak Tedy salam kenal,
    saya mau bertanya, bagaimana cara membuat bookmarks di latex sperti yang ada pada file buku tugas akhir Bapak yang sudah saya download.
    Mohon bantuaanya Pak,
    Terima Kasih

  7. Wah.. terima kasih sekali..
    Saya terbantu bgt, terutama yang tentang mempercantik header..
    Cuma saya pengen nanya:

    Karena TA saya banyak bgt gambarnya, ketika men-generate Daftar Gambar, nomor gambar menindih ke tulisannya (sampai 4 kedalaman).. Gmn caranya supaya nomor dan tulisannya tidak bertindih ya??
    Lebih jelasnya perhatikan ini:

    1.2.22Gambar ke-1 ………………………….. 23

    (terlalu mepet nomor dgn tulisan)

    ingin dijadikan seperti ini:
    1.2.22 Gambar ke-1 …………………………….. 23

    Kira2 bagaimana solusinya?

    Terima kasih sebelumnya…..

  8. Salam kenal, Pak Tedy…

    Saya masih nubie soal LaTeX ini, template yang saya buat masih ada error (yang syukur masih bisa di-compile paksa dengan meng-ignore error yang muncul). Saat ini saya baru membuat satu package template laporan Labdas STEI, yang penuh dengan random-dirty-hack di mana-mana.

    Saya berniat tumbuat package template untuk format tugas-tugas dan laporan di lingkungan elektro (walaupun terbatas untuk kuliah yang saya ambil saja) dan mewariskannya buat adik-adik angkatan yang berminat menggunakan LaTeX. Semoga bisa kesampaian, amin…

    • klo mau ngedit tamplatenya, di latex manager/latex editorial?
      apa bedanya layex manager dan latex editorial?
      tolong y balasannya.

      • template-nya pake file yg ekstensi .sty
        saya ngeditnya pake notepad doank…

        dari milis latex disarankan pake class memoir
        tapi yg masih clueless gimana cara bikin nomor halaman yg letaknya diluar area footnote… (dia sebaris ama baris terbawah teks utama, orientasi vertikal, di sebelah kanan teks)

Leave a Reply

