Perintah Dasar Unix

unix-daemonSudah beberapa hari ini saya mencoba menulis sebuah artikel tentang perintah dasar Unix (berlaku di Linux juga sih). Saat ada waktu luang, saya menulis artikel sederhana ini. Sekadar sharing pengetahuan dasar tentang lingkungan Unix. Belajar dari pengalaman bahwa seorang yang baru mempelajari lingkungan Unix butuh banyak referensi tentang perintah-perintah yang sering digunakan. Perintah dasar misalnya cp untuk menyalin file, ls untuk melihat isi direktori, rm untuk menghapus file, dan beberapa perintah lainnya. Tulisan saya dengan judul “Perintah Dasar Unix” dapat diambil di sini.

Mungkin tulisan ini akan terus saya perbaiki dan lengkapi sehingga bisa menjadi referensi yang lebih baik lagi. Anda yang sudah Unix-expert mungkin tidak terlalu merasakan gunanya tulisan ini karena semuanya hanya berisi perintah-perintah dasar Unix. Tapi tak menutup kemungkinan Anda juga membacanya, siapa tahu Anda bisa memberi masukan, koreksi, dan tambahan informasi untuk saya πŸ˜€ .

30 thoughts on “Perintah Dasar Unix

  1. Pingback: rujukan perintah dasar unix « .: Udienzβ„’ :.

  2. Pingback: Belajar Perintah UNIX « Code Breaker Zone

  3. wah mas koq pandai amat pake linuxnya da brapa lama???????

    kalo ada apa2 I minta tolong Y,coz smua tmn I yg kenal Unix pada pelit smua!!!!!!!!!!!!!! !_!

    Thx wat pdfnya

  4. Salam Kenal

    mas minta tolong kalau ada DVD sun solaris 10 utk X86, apakah bisa dikirim ke alamat saya?

    imam solikhan
    Komp Satrad 242 no 1
    jl condronegoro samofa biak Indonesia

Leave a comment