Polusi Suara

Selain polusi udara di Jakarta, hal lain yang saya benci adalah polusi suara. Selain bajaj, motor adalah kendaraan yang paling sering saya dengar bisingnya di jalanan. Tidak semua motor tentunya, hanya motor-motor yang telah dimodifikasi pemiliknya sampai-sampai suaranya mampu mengalahkan bisingnya bajaj. Beberapa kali ketika saya berbicara dengan rekan di tepi jalan, saya terpaksa berhenti bicara ketika ada motor semacam itu yang lewat. Karena suaranya mengalahkan suara saya. Percuma berteriak-teriak kan. Biasanya yang paling sering saya jumpai adalah motor bebek yang dimodifikasi knalpotnya. Pernah mendengar kan motor-motor bersuara berisik di seputaran Jakarta?

Yang saya heran dari para pemilik motor semacam itu adalah kok betah-betahnya naik motor berisik seperti itu. Paling tidak ada satu alasan utama orang memodifikasi motor bebeknya, katanya sih supaya larinya kencang alias supaya bisa ngebut. Tapi apa betul motor akan jadi kencang dengan modifikasi knalpot seperti itu? Kalaupun benar bertambah kencang, seberapa kencang sih? Mbok ya kalau mau ngebut belinya motor sport donk; masa beli motor bebek😀 . Motor sekelas Suzuki GSX halus sekali suaranya; ngebut tapi tidak berisik. Bagus sepertinya kalau pemerintah mengeluarkan undang-undang larangan jalan bagi kendaraan yang berisik.

Blogged with Flock

4 thoughts on “Polusi Suara

  1. seandainya penjelasn di blog ini lebih lengkap lagi. pasti saya mendapat tambahan bahan untuk tugas saya. tapi terima kasih atas blognya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s