Balik PIN ATM BCA? BOHONG

Belakangan beredar HOAX melalui email dan Yahoo Messenger tentang membalik PIN/password ATM BCA. Isi hoax tersebut adalah bila Anda mengalami penodongan yang memaksa Anda harus mengambil uang di ATM, masukkan saja password ATM Anda secara terbalik (kalau nomor PIN anda 1234 masukkan 4321). Katanya dengan cara ini ATM akan segera mengirimkan sinyal permintaan bantuan (emergency signal) ke kantor polisi terdekat. Saya sendiri sempat menerima email dan message semacam ini. Huh, tolol banget sih masih percaya yang beginian…waduh maaf jadi emosi😀 .

Saya dari dulu tidak pernah percaya dengan email /message semacam ini. Informasi yang terkadang terlihat benar ini hanya akal-akalan pembuat hoax saja. Yang membuat saya tersenyum pun, Detik.com sampai memberitakan tentang kabar ini di. Detik.com melakukan konfirmasi ke Mabes Polri. Untungnya Detik.com melakukan penyelidikan, Mabes Polri menyanggah berita yang beredar ini. Polri belum menerapkan teknologi yang memungkinkan korban kriminalitas mengirimkan emergency signal melalui ATM. Sayang saya lupa URL yang memuat berita itu di Detik.com.

Berita bohong semacam ini cepat sekali menyebar. Heran saya kok orang masih ada saja yang niat memforward email semacam ini ke orang lain. Rupanya orang Indonesia pada dasarnya senang gosip (belum tahu pasti kebenarannya tapi sudah percaya).

Blogged with Flock

3 thoughts on “Balik PIN ATM BCA? BOHONG

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s