Bahasa Inggrisku Dulu & Sekarang

Semasa kuliah saya selalu kuatir dengan kemampuan bahasa Inggris saya yang pas-pasan. Kemampuan percakapan saya dalam bahasa Inggris sangat parah, tidak tahu bagaimana harus berbicara dalam bahasa Inggris dengan lawan bicara. Selama kuliah hanya kemampuan membaca tulisan dalam bahasa Inggris yang berkembang. Itu juga karena terpaksa, terpaksa membaca buku kuliah yang hampir semua ditulis dalam bahasa Inggris. Ketakutan awal saya dulu adalah bagaimana nanti saya di dunia kerja. Katanya kan dunia kerja menuntut kemampuan berbahasa Inggris yang cukup. Dari dulu saya tidak pernah mengikuti kursus bahasa Inggris sih, rugi akibatnya.

Awal-awal bekerja di Jakarta kemampuan berbahasa Inggris saya pun biasa-biasa saja, karena kantor pertama saya hanya perusahaan nasional. Akibatnya, jarang sekali bahkan tidak ada kesempatan mengembangkan kemampuan percakapan Inggris saya. Nah di kantor kedua saya sekarang, mulai saya merasakan pentingnya kemampuan bercakap-cakap dengan bahasa Inggris. Bagaimana tidak, kantor saya sekarang adalah perusahaan Jepang. Banyak momen yang mengharuskan saya berkomunikasi dengan orang Jepang. Karena saya tidak bisa bahasa Jepang, mau tidak mau satu-satunya sarana komunikasi adalah dengan menggunakan bahasa Inggris. Ada satu hal yang saya rasakan meningkat dalam kemampuan ngomong Inggris saya yaitu berani ngomong…he..he..baru berani ngomong, bukan fasih berbahasa Inggris. Dengan kosakata yang pas-pasan, grammar (tata bahasa) yang acak-acakan yang penting maksud saya tersampaikan.

Kalau boleh saya sedikit berbagi, untuk berbicara menggunakan bahasa Inggris kita harus super pede😀 . Jangan takut salah kalimat, jangan takut kehilangan kata-kata, jangan kuatir dengan grammar yang acak-acakan, yang penting ngomong dan lawan tahu maksud kita. Kalau lupa 1 atau 2 kata, ubah saja kalimatnya sehingga tidak perlu menggunakan kata yang “hilang” tadi. Seiring sejalan, benahi grammar dan  penggunaan kosa kata. Kalau terus-terusan takut salah grammar kapan bisa mulai belajar?

2 thoughts on “Bahasa Inggrisku Dulu & Sekarang

Leave a Reply

