Mencoba Ringannya Puppy Linux

Sore ini saya mencoba menggunakan Puppy Linux. Distro Linux yang hanya berukuran 90 Megabyte ini memiliki program-program yang cukup lengkap. Di dalam Puppy Linux, sudah ada Abiword wordprocessor, Seamonkey web browser & mail client, Gnumeric spreadsheet, Gxine media player (saya bisa langsung memutar MP3), dan beberapa program utilitas lain seperti text editor, wvdial (untuk dial-up internet), CD burner, remote desktop, Gparted (untuk mengatur partisi harddisk). Cukup lengkap bagi sebuah komputer untuk pemakaian standar (mengetik, menghitung, membuat tabel, memutar video dan lagu, apalagi sekadar untuk mengakses internet).

Lihat gambar screenshot Puppy Linux berikut ini :

puppylinux

Tanpa harus menginstal ke dalam harddisk saya sudah bisa menjalankan Puppy Linux dari CD-ROM. Sebelumnya saya mencoba membakar file image Puppy Linux ini ke dalam sebuah CD-RW. Kemudian saya mencobanya di laptop, booting dari CD, Puppy bisa berjalan dengan lancar. Mungkin karena ukurannya yang kecil, program ini tidak terasa berat walaupun dijalankan di laptop tua yang hanya berprosesor Pentium III 597 MHz dengan memori 128 MB. Semua program ditampung di dalam memori sehingga saya bisa mengeluarkan CDnya ketika Puppy Linux sedang berjalan.

Menurut saya Puppy Linux sangat tepat digunakan oleh orang yang menginginkan sebuah sistem operasi grafis yang bisa berjalan pada sebuah PC “tua”. Memang tampilan grafis Puppy Linux kalah jauh dibandingkan dengan distro-distro Linux yang pernah saya coba seperti Mandrakelinux, Ubuntu, Redhat, Fedora, dll. Walau demikian, Puppy Linux dapat diandalkan untuk menghidupkan sebuah PC “tua”. Saya sendiri penasaran seberapa ringan Puppy Linux berjalan di PC yang lebih tua daripada PC yang tadi saya pakai untuk mencoba. Tertarik mencoba Puppy Linux? Silakan download file image-nya di sini.

One thought on “Mencoba Ringannya Puppy Linux

Leave a Reply

