Nge-Blog Ditemani Radio

Sudah cukup lama saya tidak mendengarkan radio di rumah. Beberapa hari ini saya sedang bosan dengan koleksi lagu yang ada di komputer saya. Rasanya ingin kembali mendengarkan radio. Sayangnya sudah beberapa bulan ini radio Simba saya dipinjam rekan saya. Baru tadi sore saya minta rekan saya untuk mengembalikan radio saya. Sekarang saya sedang mendengarkan Cosmopolitan FM 90.4 MHz, Dari sore lagu-lagu yang diputar cukup pas dengan selera musik saya.

Radio kaset saya ini sudah berumur 7 tahun. Saya membeli radio ini sekitar bulan Juni 2001 ketika baru masuk kuliah. Awal-awal kuliah di Bandung saya hampir tiap hari mendengarkan radio. Dulu rasanya senang sekali mendengarkan radio di Bandung karena stasiun radionya cukup banyak. Jauh lebih banyak stasiun radio di Bandung daripada di kota kelahiran saya, Cirebon. Stasiun radio yang paling sering saya dengarkan ketika di Bandung adalah Sky FM. Di Jakarta saya hampir tidak pernah mendengarkan radio. Paling kalau sedang di perjalanan dengan radio mobil atau radio yang ada di MP3-player saya, padahal di Jakarta jauh lebih banyak lagi stasiun radio yang mengudara.

Mendengarkan radio memang punya nuansa sendiri. Mungkin saja saya punya file musik lagu tersebut tapi karena di radio lagunya diputar secara random, lagu tersebut tidak terasa membosankan. Lain halnya dengan mendengarkan MP3 atau CD.  Kalau file musik yang ada di komputer, semua sudah pernah kita dengarkan berulang-ulang (seacak apaun kita memutarnya). Kalau mendengarkan musik di radio itu benar-benar random alias tidak bisa diprediksi lagu apa yang akan diputar (kecuali kita request). Ah susah juga menceritakannya, pokoknya beda lah nuansanya mendengarkan musik di radio. Mudah-mudahan Anda menangkap maksud saya😀 .

4 thoughts on “Nge-Blog Ditemani Radio

  1. Saya rasa radio tetap akan terus eksis sampai kapanpun. Apalagi sekarang banyak orang yang sangat sibuk sehingga waktunya banyak tersita di jalan dan jarang menonton televisi. Bagi yang memiliki mobil dapat tetap mendengarkan radio melalui audio set yang terpasang di mobil, bagi yang tidak memiliki mobil pun masih tetap bisa mendengarkan lewat radio portabel. Sekarang banyak dijual dengan ukurannya yang rata-rata kecil dan tingkat kepekaan yang tinggi.

  2. @ anker : mungkin yang bisa diganti hanya medianya saja. Sekarang radio over Internet sudah bisa kita nikmati…sudah pernah mencoba? Saya sudah pernah mencoba beberapa radio di US melalui internet (dengan software iTunes).

    @mertanus : sayangnya di daerah-daerah siaran radio belum seramai di Jakarta dan beberapa kota besar lain (Bandung misalnya). Coba saja kalau Anda mendengarkan radio di mobil sambil menyusur pantai utara Jawa…dijamin susah memperoleh siaran radio yang “berkualitas”😀 , baik dari konten siaran maupun lagu-lagu yang diputar.

  3. iya,radio memang memberikan nuansa tersendiri,selalu memberikan kejutan – kejutan tentang lagu apa yang akan diputar nantinya……dan lagi point lebih dari radio, memberikan informasi – informasi yang universal…..naju terus RADIO INDONESIA

Leave a Reply

