Backup Isi Blog Di WordPress

Sudah beberapa bulan menulis blog, saya sekarang bingung bagaimana caranya membackup semua tulisan saya di WordPress ini. Yang saya pusingkan apakah saya harus save satu per satu semua code tulisan saya atau saya save halaman blognya saja. Bosan juga kalau harus begitu, tulisan saya sudah lumayan banyak. Sampai sekarang saya belum menemukan cara yang cepat dan mudah mengamankan semua tulisan saya ke dalam format yang bisa dibaca (HTML misalnya, bukan XML). Atau saya harus membackup secara manual seperti apa kata kartun di bawah ini he..he..he…😀

backup
This image was taken from
http://think.security-1st.net/?p=54

Yang bisa saya lakukan sampai saat ini hanya menggunakan fitur Export yang disediakan oleh WordPress. Itu pun hasilnya hanya berupa file XML saja. Saya juga pernah mencoba menggunakan Zoundry Blog Writer untuk mengirimkan posting ke blog ini. Dengan Zoundry selain saya bisa mengirim tulisan, saya bisa menyimpan semua tulisan-tulisan sebelumnya. Tapi sejak menggunakan Ubuntu, saya belum menemukan program yang punya kemampuan setara itu. Blog client yang ada di lingkungan Linux (seperti BloGTK), hanya bisa menyimpan tulisan yang baru dibuat – tidak bisa menyedot tulisan yang sudah ada di dalam blog.

Ada tidak ya program yang bisa menyedot semua tulisan di blog (termasuk gambar yang ada di dalamnya) ke dalam komputer saya? Tapi programnya harus bisa jalan di Linux; lebih bagus lagi kalau programnya multiplatform. Ada yang bisa beri informasi?

Leave a Reply

