Mandrake Linux & Flock

Tadi malam saya menginstal Mandrakelinux 10.1 di laptop kantor saya, Fujitsu Lifebook C Series. Sudah lama tidak menggunakan Mandrake, apalagi setelah keasyikan dengan Ubuntu. Mengapa saya tidak menginstal Ubuntu ke dalam laptop ini? Jawabannya karena laptop ini belum dilengkapi dengan DVD-ROM😦 Jadi saya pikir akan menyebalkan jika sudah menggunakan Ubuntu tanpa bisa menginstal dari DVD repositorynya. Makanya saya memilih memasang Mandrakelinux ke dalam laptop ini. Lihat screenshot dari laptop ini :

mandrake

Lihat saya menggunakan Flock sebagai web browser. Mandrakelinux 10.1 ini sebenarnya sudah dilengkapi dengan Mozilla dan Epiphany tapi keduanya menurut saya terlalu “tua”. Maksudnya, saya yang sudah terbiasa dengan Mozilla Firefox 2.0 merasa tidak betah menggunakan kedua browser itu. Kebetulan saya punya installer Flock, jadi saya pasangkan saja ke dalam Mandrake ini. Cukup mudah langkah untuk menginstal Flock. Tetap saja ada yang kurang, flash player. Jadi download dulu file install_flash_player_9_linux.tar.gz dari sini.

  1. Ekstrak dulu file yang baru selesai diambil tadi dengan perintah berikut :

    # gzip -d install_flash_player_9_linux.tar.gz
    # tar -xvf install_flash_player_9_linux.tar

  2. Masuk ke dalam direktori hasil ekstrasi lalu copy file libflashplayer.so dengan perintah berikut :

    # cp /home/tedy/install_flash_player_9_linux/libflashplayer.so /usr/lib/mozilla/plugins

  3. Restart Flocknya supaya mengenali flash player yang baru diinstal tadi.

Leave a Reply

