NTP Client Di Linux

Hari ini saya diminta oleh atasan saya untuk mengkonfigurasi perangkat SCS (serial console switch Secure Console Server). Sebenarnya saya hanya disuruh menambahkan servis sinkronisasi waktu (time synchronization) dengan NTP (network time protocol) server.

SCS tersebut menggunakan sistem operasi Red Hat Linux. Ada beberapa tahap untuk mengaktifkan servis ini, kira-kira seperti ini :

  1. Edit file /etc/ntp.conf, tambahkan baris berikut di bagian akhir file ntp.conf:
    server <ip_ntp_server>
  2. Edit juga file /etc/ntp/step-tickers dengan menambahkan baris :
    <ip_ntp_server>
  3. Jalankan servis ntpd dengan perintah berikut :
    # service ntpd start
  4. Supaya servis ini otomatis berjalan ketika mesin baru dinyalakan, maka perintah yang harus dijalankan adalah :
    # chkconfig ntpd on

Karena SCS hanya menggunakan mode teks, semua tahap editing teks saya lakukan dengan menggunakan vi.

Oh ya dari tadi saya belum menjelaskan apa itu SCS. SCS adalah perangkat switch yang menyediakan akses ke port serial (serial port) dari beberapa perangkat sekaligus. Gampangnya begini = Misalnya kita punya 10 server yang harus dikonfigurasi. Server bisa dikonfigurasi melalui port serialnya. Proses konfigurasi misalnya kita lakukan dengan menggunakan laptop yang dihubungkan dengan server lewat port serial. Nah daripada repot memindah-mindahkan kabel serial dari satu server ke server yang lain, hubungkan saja semua server yang akan dikonfigurasi ke SCS. Lalu akses SCS tadi dari laptop, jadi proses konfigurasi dari 1 server ke server lainnya cukup dilakukan dengan command saja tidak perlu memindahkan konektor serialnya😀 Gampangnya seperti itu. Maaf penjelasannya terlalu sederhana (kalau tidak mau dikatakan bodoh..he..he..he..)

Lalu mengenai NTP saya juga belum jelaskan. Singkatnya NTP adalah sebuah protokol yang memungkinkan sebuah server menjadi acuan waktu bagi semua komputer yang terhubung dengannya. Semua komputer yang terhubung dengan server dan melakukan sinkronisasi waktu disebut sebagai NTP Client. Proses komunikasi antara server dan client untuk sinkronisasi dilakukan dalam bentuk komunikasi data – packet switching.

Waduh ngantuk berat, jadi gak konsen nulisnya…nanti sajalah saya edit lagi postingan ini. Ada beberapa hal yang harusnya saya jelaskan lebih lanjut, seperti misalnya apa itu SCS, apa fungsinya, apa itu NTP dll (Update : sudah saya lengkapi tulisannya tuh😀 ).

One thought on “NTP Client Di Linux

Leave a Reply

