Gempa Bumi Di Sunter

Maaf kalau judul tulisan Anda sudah menipu Anda sejenak😀 Tidak ada gempa bumi di Sunter kok hari ini.

Sepanjang hari ini saya berada di gedung Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) di Sunter, Jakarta Utara. Melanjutkan proses instalasi server yang sudah dimulai hari Minggu lalu. Sekitar pukul 15.00 sore tadi tiba-tiba di pengeras suara ruangan terdengar suara gemuruh. Di ruang server pun suaranya terdengar juga, saya mendadak bingung suara apa itu. Saya pikir ada server yang meledak😀 . Lima detik berselang saya baru sadar, oh itu rupanya cuma suara gemuruh buatan untuk latihan evakuasi jika terjadi keadaan bahaya seperti gempa misalnya. Saya pun melanjutkan aktivitas saya membereskan kabel-kabel di rak server. Saya lihat keluar ruangan pun orang-orang tenang-tenang saja. Suara di pengeras suara mirip suara film perang. Gemuruh campur suara semacam suara senapan…he..he..lucu jadinya.

Kira-kira 5 menit kemudian terdengar suara petugas di pengeras suara yang memerintahkan orang-orang untuk segera meninggalkan ruangan dan menuju lapangan parkir. Saya pun masih santai saja. Bertiga dengan rekan kerja tidak terpengaruh sama sekali dengan peringatan tersebut, saya pikir ah itu hanya latihan untuk karyawan Toyota…kami kan tamu masa harus ikutan juga. Sampai akhirnya ada pegawai Toyota yang meminta saya dan rekan-rekan untuk turun, berpartisipasi dalam proses latihan evakuasi tersebut. Barulah semua orang di lantai 4 gedung TMMIN turun lewat tangga darurat (liftnya sudah dimatikan😀 ). Tidak ada yang terburu-buru, malah cenderung santai turun tangganya…he..he..he…

Begitu sampai di lapangan parkir baru terasa panas terik matahari di kawasan Sunter tersebut. Semua orang diperintahkan membuat barisan berkelompok-kelompok. Tiap kelompok sudah ditandai dengan bendera aneka warna. Ada kelompok berbendera hijau, merah, biru, dll. Kami yang merupakan tamu di gedung tersebut dibuatkan kelompok sendiri. Sekitar 5 menit berpanas-panasan, kami diberi penjelasan oleh panitia bahwa latihan tersebut adalah latihan evakuasi bilamana terjadi gempa bumi. Setelah itu kami akhirnya dibubarkan. Lift masih belum berfungsi setelah latihan tersebut. Akhirnya kami semua naik dengan tangga darurat lagi. Acara ini cukup menguras keringat saya. Naik turun tangga dari lantai 4 dan sebentar berpanas-panas di lapangan parkir.

Rasanya lucu saja ikut latihan evakuasi gempa. Entah ada manfaatnya tidak acara seperti ini. Apakah benar efeknya akan terasa bilamana suatu saat terjadi gempa? Apakah latihan ini akan membuat orang menjadi waspada saat terjadi gempa? Ya semoga saja berguna.😀

3 thoughts on “Gempa Bumi Di Sunter

  1. di toyota memang aneh, saya pernah magang bberapa bulan di sana dan emang suka ada simulasi gempa kayak gitu…menguras tnaga dan keringat tentunya, eh…

Leave a Reply

