Berlatih Menuangkan Ide Ke Dalam Kalimat & Paragraf

Setelah memberi komentar balik dari komentar yang ada di sini, saya malah merasa komentar balik yang saya beri tersebut bagus untuk ditulis menjadi sebuah postingan baru. Tulisan saya sebelumnya berjudul Kekeliruan Umum Menulis Skripsi, mendapat komentar dari seseorang. Salah satu isi komentarnya adalah tentang kendala umum orang dalam menuangkan ide dan gagasan ke dalam kalimat. Hal ini menggelitik saya untuk memberi komentar balik tentang cara mudah melatih kemampuan menuangkan ide ke dalam kalimat/paragraf. Berikut ini pembahasannya seperti yang ada di komentar balik saya (tentu dengan penambahan dan koreksi isi di sana-sini).

Kendala umum yang sering dialami orang dalam bahasa tulis adalah kesulitan menuangkan ide ke dalam tulisan. Sebenarnya hal tersebut mudah dilatih dan bukan merupakan sesuatu hal yang butuh kecerdasan super. Jika Anda merasa kesulitan menuangkan ide menjadi sebuah kalimat/paragraf, coba mulailah dengan menulis kerangka karangan. Dengan kata lain, mulailah dari kata-kata pokok (keyword), ide-ide pokok. Anda tidak perlu langsung membuat kalimat dan paragraf lengkap. Tuangkan semua ide dan gagasan terlebih dulu..istilah kerennya adalah brainstorming.

Mungkin sepintas orang tidak akan mengerti ide yang Anda tuangkan karena belum berupa susunan kalimat dan paragraf yang benar. Tapi itu bukan masalah, lanjutkan dengan menambahkan kata-kata ke kata pokok/ide pokok tersebut untuk menjadikannya sebuah kalimat lengkap. Kalimat yang dibuat tidak perlu panjang-panjang. Dengan kalimat-kalimat pendek pun, Anda bisa menyusun sebuah paragraf. Yang lebih penting adalah orang mengerti ide pokok kalimat tersebut.

Keterangan-keterangan yang menyangkut ide pokok tersebut bisa Anda tuliskan dalam kalimat-kalimat berikutnya. Sama seperti kalimat pokok Anda, keterangan-keterangan pun dapat Anda buat dengan menulis kata-kata pokok yang mengandung informasi pendukung kalimat utama. Anda sebaiknya jangan bertele-tele dan berpanjang-panjang dalam menuliskan kalimat pendukung.

Dari susunan beberapa kalimat lengkap yang memiliki kesamaan ide plus beberapa kalimat keterangan/pendukung, Anda sudah bisa menyusun sebuah paragraf dengan ide yang sama. Jadi latihlah menuangkan ide terlebih dulu, menyusun kalimat dan paragraf itu mudah – lakukan belakangan. Jika Anda sudah mulai terbiasa dengan langkah-langkah di atas, selanjutnya Anda bisa langsung membuat kalimat dan paragraf tanpa perlu menuliskan kata-kata kuncinya dulu.

3 thoughts on “Berlatih Menuangkan Ide Ke Dalam Kalimat & Paragraf

  1. yoi!!!
    Bener – bener keren broo…
    sinar dari bapak ini tentang ide dan penulisan juga mengenai saya
    tapi Sayang SDM saya belum sampai ke sana, mungkin saya bukan di takdirkan untuk menjadi seorang penulis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s