Ganti Gaim Dengan Pidgin

Baru saja saya menginstal Pidgin ke dalam Ubuntu. Pidgin ini adalah penerus dari Gaim Internet Messenger. Lihat perubahan logo Gaim ke logo Pidgin berikut :

gaim

Menjadi seperti ini :

Pidgin Logo

Langkah-langkah untuk menginstal Pidgin adalah seperti ini (dapat dari sini) :

  1. Download dulu paket instalasi Pidgin di sini (7.5MB).
  2. Setelah selesai mendownload paket instalasinya (pidgin_2.0.0-1~getdeb1_i386.deb), saya kemudian menginstal paket dengan perintah :
    $ sudo dpkg -i pidgin_2.0.0-1-getdeb1_i386.deb
  3. Apabila muncul peringatan ketergantungan dengan paket lain, gunakan perintah berikut untuk mengatasinya :
    $ sudo apt-get install -f

Setelah langkah-langkah di atas Pidgin sudah bisa dipakai untuk menggantikan Gaim sebagai internet messenger.

Selesai menginstal saya langsung pakai Pidgin, tapi kok rasanya aneh ya. Sepertinya lebih enak pakai Gaim daripada pakai Pidgin, salah satunya karena saya lebih suka tampilannya Gaim daripada Pidgin. Belum tahu juga sih apa saja keunggulan Gaim dibandingkan Pidgin.

One thought on “Ganti Gaim Dengan Pidgin

  1. Perbaikan bug pada Gaim sudah dpt dinikmati di Pidgin.
    Jika dilihat file profile .gaim tetap digunakan dalam profile pidgin.
    Menurut saya tampilan Pidgin lebih nyaman krn saya sudah lama menggunakan Gaim 2 Beta🙂

Leave a Reply

