Mati Lampu Euy

Pagi ini sekitar pukul 5 pagi saya terbangun ketika mendengar PC saya mati mendadak (tidur kok bisa dengar PC mati ya…ha..ha..ha..). Ketika membuka mata kamar sudah gelap sekali. Rupanya mati lampu. Duhhh, PC saya bisa rusak lama-lama kalau di sini sering mati lampu. Bener tidak ya statement orang yang katanya harddisk bisa bad sector kalau sering diputus listriknya mendadak? Bahaya juga kalau benar.

Sejak kos di tempat saya sekarang sering sekali terjadi mati lampu….sori lebih tepatnya drop tegangan. Kalau kejadian pagi ini memang mati lampu total. Ketika saya dengan mengantuk keluar saya lihat seluruh kompleks gelap semua.  Sepertinya saya harus segera menyediakan UPS di kamar, antisipasi kalau-kalau ada kejadian mati lampu lagi. Tambah lagi satu barang yang ada dalam wish list saya🙂 .

Aneh juga ya orang menyebut pemadaman listrik sebagai mati lampu🙂 . Padahal kan yang mati tidak cuma lampu, PC, AC, radio, tv juga bisa ikutan shut down kalau listriknya diputus PLN. Kalau dipikir-pikir, mungkin karena dulu peralatan listrik yang pertama kali dikenal adalah lampu. Jadi setiap kali ada pemadaman listrik yang terlihat adalah lampu yang padam. Kebiasan berlanjut sehingga kejadian pemadaman aliran listrik dari PLN dikenal sebagai mati lampu…he..he..he.. (mode sok tahu lagi😀 )

5 thoughts on “Mati Lampu Euy

  1. Beli UPS ide yang bagus pak…Selain untuk mencegah rusaknya harddisk juga membuat aliran listrik menjadi lebih sinus dan komputer lebih awet. Thanks.

  2. Rumah saya juga sering drop tegangan. Tapi komputerku gak rusak tuch. Apa mungkin jadi lambat karena mati mendadak ya…🙂 (Memang komputerku lambat. Sekalian, kasih tahu progam yang bisa menangganinya donk… please…)

  3. @ Adistianto : secara logika sih tidak ada hubungan langsung performa komputer yang lambat dengan drop tegangan. Tapi kalau dicari-cari hubungannya mungkin karena drop tegangan menyebabkan beberapa sel dalam memori jadi rusak, dan di harddisk timbul beberapa bad sector. Program yang bisa menangani komputer lambat? Wah apa ya….format ulang aja lagi😀

  4. sama kali………nyebelin bgt klo pas lagi nyalain komputer trus mati listrik… ditambah aku blm punya UPS…. solusinya ya satu…. mati lampunnnnya kan setiap sore sekitar jam 3 gitu…. ya jam segitu ga usah nyalain komputer…. solusi teraman dan terhemat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s