Perang Saudara Di Jakarta

Dua hari yang lalu di Jakarta terjadi bentrok antara 2 kelompok ormas Betawi. Kelompok pertama adalah IKB (Ikatan Keluarga Betawi) dan kelompok kedua adalah FBR (From Betawi Rempug). Bentrokan terjadi di kawasan Pasar Kebayoran Lama. Keributan ini bermula dari pengeroyokan seorang anggota FBR oleh beberapa anggota IKB. Dengan alasan membalaskan nasib temannya, sekelompok massa dari FBR menyerbu Pasar Kebayoran Lama yang katanya merupakan daerahnya massa IKB. Naasnya dua orang tewas dari kelompok yang bertikai tewas dalam bentrokan tersebut.

Kalau mengutip berita dari Detik.com terjadinya bentrok sebenarnya diakibatkan kesalahpahaman dalam perebutan area lahan parkir. Anggota-anggota IKB banyak yang menjadi “keamanan” di Pasar Kebayoran Lama. Dalam siaran berita yang ditayangkan Trans7 kemarin sore pun, ada pengakuan dari seorang pedagang yang berjualan di pasar tersebut bahwa hampir tiap hari petugas “keamanan” tadi memungut pungli yang besarnya sekitar Rp1000,- per hari. Rupanya FBR tergiur oleh lahan “basah” di kawasan Pasar Kebayoran Lama ini.

Budaya kekerasan rupanya masih dijadikan alternatif penyelesaian di bumi Indonesia ini. Di era yang sudah modern, kekerasan masih diminati sebagian masyarakat Indonesia untuk menyelesaikan masalah. Sesama ormas yang mengusung nama Betawi kok masih saling bunuh. Masa kita mau mundur lagi ke zaman penjajahan Belanda yang mudah diadu domba. Atau ini memang bentuk warisan dari masa penjajahan Belanda? Kalau dulu Belanda lama berkuasa di Indonesia itu karena memang bangsa ini senang diadu dengan sesama anak bangsa sendiri. Ini abad 21 Pak, sudah era teknologi, era informasi…kok masih ribut sendiri aja?

Kepolisian harus bertindak tegas dalam menjamin keamanan di Jakarta ini. Kasihan juga pedagang yang sehari-hari berjualan di pasar tersebut, terintimidasi dan tidak tenang berdagang jika urusan semacam ini tidak diselesaikan dengan segera.

One thought on “Perang Saudara Di Jakarta

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s