Belajar Lagi Perintah Dasar Unix

Hari ini kegiatan saya di kantor adalah belajar perintah Unix. He..he..ha..banyak santainya sih daripada belajarnya. Dari kuliah saya sudah seringkali bermain-main dengan Linux. Oleh karenanya, perintah-perintah dasar Unix bukan sesuatu yang asing lagi buat saya. Ya namanya juga karyawan baru, nurut saja apa kata bos😀 .

Baru seminggu saya bergabung di Fujitsu sebagai Unix engineer, dengan spesifikasi server yang menjalankan Solaris sebagai operating system-nya. Ketika pertama kali masuk kerja awal minggu lalu, saya diberi 2 buku tentang Solaris OS tentang perintah dasar dan system administration Solaris. Ya sementara kerjaan saya belajar itu dulu sambil coba-coba menginstal Solaris di server.

Memang sih tidak semua perintah Unix saya hafal di luar kepala. Tapi mengingat sesuatu yang pernah saya tahu jauh lebih mudah daripada mempelajari sesuatu yang sama sekali baru. Dengan basic pemahaman perintah di lingkungan Linux, saya merasa dimudahkan untuk belajar kembali perintah di lingkungan Sun Solaris yang katanya lebih “Unix” daripada Linux😀 .

Salah satu perintah yang saya pelajari adalah perintah tar. Berikut reviewnya :

  1. Untuk membuat sebuah archive file (gabungan dari beberapa file dalam sebuah file) di sistem operasi Unix, kita dapat menggunakan perintah :
    $ tar -cf file_hasil.tar file_sumber1 file_sumber2
  2. Untuk melihat isi file *.tar yang kita buat, perintah yang digunakan adalah :
    $ tar -tf file_hasil.tar
  3. Untuk mengekstrak semua file yang dalam file *.tar tersebut perintahnya :
    $ tar -xvf
    file_hasil.tar

5 thoughts on “Belajar Lagi Perintah Dasar Unix

  1. @ afdoni : glad to hear you want to learn about unix. I’m still writing a short article about Unix basic command. Maybe in one or two days, I will upload the file in this blog.

  2. Kalau mau belajar linux, mulainya dari mana ya? kalau distronya saya lagi nyoba ubuntu. punya referensi yang mudah dipahami untuk belajar linux? Sebenarnya dari blog ini aku juga bisa belajar, so saya masukkan blog ini ke bookmark browser saya. bisa bantuin ga ya?

Leave a Reply

