Tulisan Tentang Komputer

Belakangan saya sering memuat tulisan tentang Ubuntu di blog ini. Sejak mulai belajar Ubuntu saya sudah menulis lebih dari 10 tulisan tentang Ubuntu. Tepatnya pengalaman saya menggunakan Ubuntu, dari mulai pengalaman mencoba program-program yang ada di Ubuntu, pengalaman mengkonfigurasi Ubuntu untuk melakukan beberapa tugas, dan lain-lain. Sebenarnya salah satu alasan saya menuliskan pengalaman tadi di blog ini cukup sederhana.

Alasan saya adalah untuk menyimpan catatan mengenai cara konfigurasi yang ada di Ubuntu😀 .. as simple like that. Saya memang agak pelupa, jadi kadang banyak perintah di Linux yang saya pun lupa. Kalau semua langkah konfigurasi dan perintah-perintah Linux saya tuliskan di blog akan mudah bagi saya di kemudian hari untuk membaca kembali bila membutuhkan. Hal ini terasa sekali bila saya selesai memformat ulang komputer saya.

Misalnya saya lupa untuk mengatur Ubuntu supaya bisa menulis file ke dalam drive dengan sistem NTFS. Tinggal baca deh tulisan saya yang ini. Portabilitas dari membackup catatan di blog juga menguntungkan. Bila suatu saat saya harus mengkonfigurasi Linux orang lain dan lupa caranya, tinggal baca saja blog saya. Tidak terlalu portable sih, karena saya harus bisa koneksi ke Internet dulu ya…ha..ha..ha…

Alasan lain adalah untuk berbagi dengan sesama “newbie” di dunia Linux (khususnya Ubuntu). Saya pun merasakan pentingnya tulisan-tulisan dari sesama pengguna Ubuntu di Internet. Ketika saya belajar Ubuntu pun saya banyak sekali memperoleh informasi dari tulisan para blogger di Internet.
Dan tentu banyak juga orang yang membutuhkan informasi yang sederhana, mudah dipraktekan, dan berasal dari sesama “newbie” juga.

Alasan ketiga adalah mendapatkan bahan untuk menulis di blog..ha..ha..ha… Daripada kosong tidak terisi blognya, lebih baik diisi dengan sesuatu yang mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi orang lain atau minimal bagi diri saya sendiri.

Beberapa tulisan saya tentang \LaTeX juga sudah mulai mendapat atensi dari beberapa orang. Tulisan saya tentang \LaTeX juga sudah berhasil menghasilkan diskusi (konsultasi mungkin lebih tepat) dengan beberapa orang tentang bagaimana menggunakan perintah-perintah \LaTeX. Kalau dilihat jumlah memang masih sedikit, tapi paling tidak saya sudah bisa membagikan sesuatu untuk orang lain.

2 thoughts on “Tulisan Tentang Komputer

Leave a Reply

