13 Alasan Menggunakan LaTeX – bagian 6

Rentetan tulisan saya tentang 13 Alasan Menggunakan LaTeX sempat lama tidak diupdate. Tulisan terakhir adalah bagian kelima dari 13 alasan tersebut. Tulisan sekarang ini akan membahas alasan keenam untuk menggunakan \LaTeX.

Alasan kelima dari 13 Alasan Menggunakan LaTeX adalah MUDAH & FLEKSIBEL DALAM MENANGANI CROSS REFERENCE.

Ketika kita menggunakan \LaTeX untuk menulis sebuah dokumen, kita dapat mengatur referensi silang (cross reference) dengan mudah. Baik referensi ke daftar pustaka, daftar gambar, daftar tabel, maupun ke bagian lain dari dokumen (halaman, bab, dst).

Penulisan daftar pustaka dalam dokumen \LaTeX mudah dilakukan. Rujukan ke daftar pustaka pun dapat dilakukan dengan lebih mudah pula. Salah satu program dalam \LaTeX yang handal untuk menangani daftar pustaka adalah BibTeX.

Dengan menggunakan BibTeX kita dapat memasukkan semua data referensi yang kita miliki tanpa harus dipusingkan dengan referensi mana yang akan kita rujuk dalam dokumen. Hanya referensi yang dirujuk dalam dokumen tersebut yang akan dicantumkan dalam daftar pustakanya. Dengan demikian kita bisa menggunakan satu file database yang sama untuk beberapa dokumen. Selain mudah dalam menghasilkan daftar pustaka dengan menggunakan dokumen \LaTeX kita lebih fleksibel dalam menghasilkan daftar isi, daftar gambar, daftar tabel.

Untuk merujuk ke bagian lain dokumen juga mudah dilakukan. Misalnya kita ingin merujuk ke sebuah bab atau sebuah halaman cukup dengan perintah saja kita bisa melakukannya. Di dunia matematika misalnya, di kala penulisan rumus sudah sedemikian banyak, merujuk ke suatu persamaan akan lebih mudah dilakukan.

One thought on “13 Alasan Menggunakan LaTeX – bagian 6

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s