Angka 4 & 13

Kalau Anda naik lift coba lihat ada tidak tombol angka 4 di panelnya. Bila gedung yang Anda kunjungi berlantai banyak (≥13), coba lihat juga ada tidak tombol angka 13 di dalam lift. Ada lift yang tidak memiliki tombol angka 4 dan atau tombol angka 13. Hal tersebut berkaitan dengan penamaan lantai-lantai yang ada di gedung tersebut. Biasanya nama lantai yang tidak ada tersebut, digantikan dengan 3A, atau 12A. Ada juga gedung yang menamai lantai setelah lantai 3 sebagai lantai 5. Roxy Square di Jakarta Barat salah satu contohnya. Di gedung Roxy Square Anda tidak akan menjumpai lantai 4. Aneh memang, dari lantai 3 langsung lantai 5😀 .

Semuanya dapat dipastikan ada hubungannya dengan kepercayaan yang dimiliki pemilik gedung (atau mungkin kepercayaan arsitek gedungnya?). Angka 4 dalam budaya China dianggap membawa sial. Angka 4 dalam bahasa China memiliki bunyi yang sama dengan kata “mati” (empat dan mati sama-sama dibaca : “si”). Mati dianggap sebagai suatu bencana, erat hubungannya dengan kesialan. Jadi sangat lumrah jika orang-orang China”membenci” angka 4. Sementara angka 13 dibenci dalam budaya barat. Mungkin juga karena angka 13 disusun dari angka 1 dan 3 yang kalau dijumlahkan sama dengan 4. Yang jelas angka 13 lebih populer sebagai angka sial dalam budaya barat sementara angka 4 lebih populer dalam budaya China.

Saya pribadi tidak percaya dengan keberadaan sebuah angka bisa membawa sial dalam kehidupan. Bagaimana dengan Anda?

2 thoughts on “Angka 4 & 13

  1. Taukah anda bahwa angka 14 dan angka 6 banyak jg yg tidak suka.
    Angka 14 jika dipenggal terdiri dari 1 dan 4 (dlm bhs mandarin 1 dibaca “yao” bisa berarti mau dan 4 dibaca “si” yg jg punya arti mati. Jika digabungkan mau mati, makanya banyak gedung yg tidak membubuhkan angka 14.
    Sedangkan angka 6 (six atau sama dengan “sick”) jika sekilas terdengar hampir mirip.
    Jadi pilihannya tinggal angka 1 2 3 5 7 8 9, tetapi bila angka tersebut dalam bahasa lain punya arti buruk semua, apakah anda bisa memilih angka kesukaan anda lagi ?

  2. Ngomong2x soal angka, saya malah suka angka 6, setiap bulan saya peringati tgl 6 sebagai hari jadian bersama si dia, ini sudah saya jalani selama kira2x 7 tahun 4 bulan.

    *ada hubungannya ga?*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s