Bosan Menginstal XP

Dalam 2 hari ini saya melakukan 3 kali proses instalasi Windows XP pada 2 komputer yang berbeda. Pekerjaan yang membosankan sebetulnya. Tapi kebutuhan memaksa saya untuk melakukannya berulang-ulang.

  1. Pertama, kemarin sore saya menginstal XP di PC kantor. PC yang diberikan kepada saya Pentium IV 1,7 GHz dengan memori 256 MB tapi serasa Pentium II. Windows XPnya terasa sangat lambat. Saya putuskan untuk format ulang saja.
  2. Kedua, tadi malam saya menginstal XP di PC yang ada di kos. PC tersebut milik adik teman saya. Dia meminta tolong kepada saya untuk menginstalkan Windows di komputer adiknya tersebut.  Dan kebetulan pula spesifikasi PCnya sama dengan spesifikasi PC saya di kantor.
  3. Ketiga, hari ini pagi-pagi ketika datang ke kantor, PC saya eror lagi. Windows XP yang sudah saya instal kemarin gagal dibuka. PC terus-menerus restart ketika logo bendera XP (berbackground hitam) telah muncul beberapa saat. Saya tidak mau ambil pusing, langsung saja saya format kembali komputer tersebut.

Oh ya kalau ditambah instalasi Solaris (cerita ini) berarti saya dalam 2 hari ini sudah 4 kali menginstal sistem operasi komputer…he…he…he… Saya sendiri tidak pernah menghitung total berapa kali seumur hidup menginstal Windows, mulai dari Windows 2000, Me, XP. Sekarang mulai muak saya setiap kali menginstal Windows di komputer. Dulu saya semangat sekali tiap kali menginstal Windows. Saking seringnya menginstal saya sampai hafal urut-urutan tombol keyboard yang harus ditekan ketika menginstal Windows😀.

Sebenarnya yang menambah kebosanan adalah ritual menginstal tetek bengek software yang diperlukan setelah Windows selesai terinstal. Misalnya menginstal Microsoft Office, Adobe Reader, Firefox, Codec, dll. Hal tersebut karena Windows tidak lengkap program instalasinya. Bandingkan misalnya dengan Ubuntu Linux. Cukup dengan sekali instal, beberapa aplikasi/software standar untuk pekerjaan kantor sudah terinstal (sebut saja Open Office). Segala sesuatu yang berlebih memang akan membosankan. Sudah saatnya sih beralih ke sesuatu yang lebih stabil, Linux (ngomong terus sembari gak pindah-pindah..ha..ha..ha…😀 ).

One thought on “Bosan Menginstal XP

Leave a Reply

