Mobil Di Atap Rumah

Hari Senin lalu saya tanpa sengaja mendengar berita di televisi tentang sebuah mobil yang “nyangkut” di atas rumah. Hanya mendengar, karena memang sedang tidak berada di depan televisi. Penasaran juga mendengar berita tersebut. Apalagi di ujung berita, si penyiar mengatakan akan ada berita selengkapnya. Penasaran saya tidak berkepanjangan, berita tadi hanya selewat saja di benak saya.

Malamnya ketika menonton televisi saya melihat berita yang sama, mobil di atap rumah. Kali ini saya langsung paham arti sesungguhnya berita tersebut. Rupanya berita tersebut adalah sebuah iklan. Iklan dari Britama, produk tabungan dari BRI. Iklan yang dibuat menyerupai berita sekilas nampak seperti berita sungguhan. Tampilan penyiar, pengambilan gambar, layout ruang berita mirip dengan beberapa acara berita betulan di beberapa stasiun televisi.

“Berita” tadi saya perkirakan adalah untuk mengumpulkan perhatian pemirsa televisi. Mungkin nantinya akan ada “berita” atau lebih tepatnya iklan tentang hadiah mobil dari Britama. Gencar sekali iklan ini ditayangkan. Sampai hari ini sudah berpuluh kali saya menyaksikan iklan ini. Varian iklannya pun tambah banyak, tidak lagi tentang mobil di atap rumah tapi juga mobil di pantai Kuta, dan beberapa cerita lainnya. Semuanya berpusat pada keberadaan mobil di tempat yang tidak biasa.

Cukup kreatif cara pembuat iklan ini untuk mengumpulkan perhatian pemirsa. Dan ternyata bukan hanya saya yang pada awalnya setengah tertipu dengan iklan ini. Beberapa teman juga mengiyakan bahwa pada awal menonton iklan ini mereka “tertipu”, mengira iklan tersebut adalah berita sesungguhnya. Entah seberapa efektif iklan ini dalam memasarkan produknya, yang jelas mereka sudah menang dalam hal menangkap perhatian pemirsa televisi.

One thought on “Mobil Di Atap Rumah

  1. Tetangga saya yang kebetulan agak (maaf) agak gaptek malah sempat berdebat dengan saya dan “kukuh” mengatakan itu berita beneran. saya pun bingung bagaimana caranya untuk membuktikan bahwa itu hanya iklan. Hingga akhirnya saya bisa menunjukkan kalimat kecil di bagian kanan bawah layar ketika iklan itu ditayangkan, tulisannya kalau tidak salah begini : “Iklan – ini hanya rekayasa”🙂

Leave a Reply

