Kamus Di Ubuntu

Membaca postingan Jay berjudul Aplikasi Kamus Offline di Komputer (thanks untuk share informasinya 😀 ) ; saya tertarik menginstal StarDict di Ubuntu . StarDict adalah sebuah aplikasi kamus yang ternyata canggih. Paket instalasi utama Stardict sudah ada dalam DVD repositorynya Ubuntu 7.04. Yang belum ada hanya library kamusnya saja. Library dari berbagai jenis kamus bisa didownload di sini. Ada macam-macam kamus yang bisa diambil, kamus Inggris-Indonesia, Inggris-Inggris, Prancis-Inggris, Jerman-Inggris, dan banyak lagi lainnya.

Instalasi StarDict di Ubuntu saya lakukan dengan bantuan Synaptic Package Manager. Tinggal Search dengan keyword stardict. Lalu tandai semua yang berhubungan dengan Stardict. Setelah selesai proses instalasinya, saya tambahkan library yang sudah didownload. Misalnya library kamus Inggris-Indonesia dengan nama file stardict-quick_eng-ind-2.4.2.tar.bz2. Perintahnya adalah seperti ini :

$ sudo cp stardict-quick_eng-ind-2.4.2.tar.bz2 /usr/share/stardict/dic
$ sudo tar -xvjf stardict-quick_eng-ind-2.4.2.tar.bz2

Kita bisa menginstal banyak library kamus sekaligus; ulangi perintah di atas untuk tiap kamus. Setelah selesai, baru jalankan Stardict. Ketika kita menggunakan opsi Scan, StarDict akan otomatis memunculkan pop-out ketika ada kata di layar monitor yang kita block. Tampilannya seperti gambar berikut ini :

stardict

Garis merah di atas saya buat untuk menandai pop-out yang muncul. Contoh di atas saya ambil ketika sedang membuka halaman di Wikipedia. Di situ kelihatan ada keterangan kata “memory” dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Jika Anda menginstal banyak library kamus, maka jendela pop-out yang muncul akan semakin panjang.

Aplikasi yang sangat menarik, canggih…..😀

17 thoughts on “Kamus Di Ubuntu

  1. Pingback: Stardict - Kamus untuk GNOME « Bright Star Blogs

  2. Hi, saya menggunakan ubuntu 8.04, stardict sudah saya install dan berhasil. stardict-quick_eng-ind-2.4.2.tar.bz2 dan yang ind-eng sudah saya download, kemudian saya lakukan ekstrak manual dengan klik kanan file-ekstrak here. File ini saya copy dan saya taruh di usr/share/stardict/dict tapi tidak mau di paste. Gmn donk?
    perintah ekstarksi diatas yg lewat terminal tidak bisa saya gunakan.
    Saya menggunakan 2 OS, Vista dan Ubuntu 8.04 apakah ini berpengaruh??

    Terimakasih sebelumnya🙂

  3. terima kasih banyak, saya newbie di linux, pake ubuntu 8.04 hardy heron muslim edition.
    kamus ini sangat membantu.

    keep up the good work…
    thanks bos

  4. yup.. berhasil.. terima kasih udah jadi referensi saya….
    mahaf saya pake nick undiscover. cari saya dari ISP saya.. boong ding becanda.. anyway. trima kasih a lot..

  5. salam,

    saya baru pake ubuntu tapi gak tau versinya, gimana liat versinya ?
    mengenai stardict saya sudah instal stardict dan ada di Desktop, dan menggunakan synaptic package manager, ketika ketik keyword stardict di search kok gak muncul ya ?

    Yang ada justru Dictionary

    Mohon penjelasannya

    Thanks

  6. Selamat pagi, siang dan malam kepada semuanya yang telah bergabung disitus ini. Saya turut berpartisipasi untuk memberikan komentar yang mungkin dapat menunjuang situs ini lebih baik untuk kedepannya. Terimakasih atas semua artikel yang telah diposting di situs ini. http://bit.do/sriwijaya

Leave a Reply

