Mencoba Sun Solaris 10

Kemarin saya mendapat kiriman 3 DVD Sun Solaris 10. Salah satu DVDnya adalah DVD instalasi Solaris 10 untuk PC X86 system. Sore ini saya baru mencoba instalasinya. Kebetulan ada sebuah PC milik teman saya yang sedang berada di tangan saya untuk ditangani. Penasaran dengan Solaris 10 saya coba instal dulu Solaris di PC teman saya tadi. Padahal awalnya PC tersebut akan saya instal Windows XP😀 (pinjam sebentar).

Main-main dengan Solaris di PC dengan prosesor Intel Pentium IV 1.7GHz dan memori 256 MB cukup berat, Solaris yang awalnya dibuat untuk platform Sparc, saya rasa kurang enak untuk dipakai di PC X86. Komputer terasa lambat untuk membuka aplikasi-aplikasi yang ada. Mungkin dengan memori yang lebih besar akan membuat Solaris berjalan lebih lancar. Proses instalasi cukup lama sekitar 1.5 jam, setelah sukses menginstal Solaris, tampilannya cukup menarik seperti ini :

sun

Sayang, Solaris tidak mengenali soundcard onboard yang ada di motherboard PC tadi😦 . Ya sudah cukup main-mainnya. Waktunya mengembalikan Windows ke dalam PC teman saya itu.

19 thoughts on “Mencoba Sun Solaris 10

  1. Pingback: Instal Solaris 10 di Primepower 450 « Blognya Tedy Tirtawidjaja

  2. yuhuu pak tedy…maaf..mo nanya –> PC X86 system itu ap y? PC biasakah? ato ada spek ttentu? trs platform Sparc itu seperti ap? oh y.. penginstallannya seprti windows ato ada hal2 tertentu yang patut diperhatikan? maaf y..lagi belajar nie.

  3. Pingback: Blognya Tedy Tirtawidjaja » Solaris & Linux

  4. Pingback: Blognya Tedy Tirtawidjaja » Dual Boot Solaris 10 & Windows XP

  5. Pak tedy maaf.. saya mau nanya –> PC X86 system itu ap y? PC biasakah? ato ada spek ttentu? trs platform Sparc itu seperti ap? oh y.. penginstallan solaris seprti windows ato ada hal2 tertentu yang patut diperhatikan? maaf y..lagi belajar nie.

  6. @ herry : x86 ya PC biasa yang sering Anda lihat. Yang di mangga dua banyak rakitannya itu loh😀 Untuk instal Solaris di PC biasa yang patut diperhatikan adalah partisi yang digunakan oleh Solaris harus PRIMARY partition. Bisa kok dibuat dual boot (1 PC ada Windows ada Solaris). Sparc itu seperti apa ya…wah baca Wikipedia deh…terlalu panjang menjelaskannya

  7. Saya sudah coba install Solaris 10 rilis 8/07 yang di donlod dari website Sun,
    hasil donlod terdiri dari 2 DVD + 1 CD

    bisa jalan cepat di PC saya (rakitan lho) :

    My x86_64 TuxMachine :
    GeForce 8500GT
    Gigabyte GA-M56S-S3
    Athlon X2 5200+
    V-Gen PC6400 1GB x 2
    WDC Caviar WD1600AAJS
    Antec Sonata + True power Trio 430W + Thermaltake Silent Cat
    19″ GTC FD901
    Altech Lansing 220
    Logitech Classic keyboard
    Logitech G3 Mouse

    Thanks,
    Artanto

  8. Mas Tedy,

    Yang bikin saya bingung di Solaris,
    saya belum menemukan add & remove software,

    lalu bagaimana cara mainkan multimedia di Solaris ? (mp3, avi, divx etc.)

    Thanks,
    Art
    My Other OS Suse 10.3 x86_64

  9. @ Artanto : di solaris untuk menginstal software kita gunakan perintah pkgadd, untuk remove pakai pkgremove, untuk lihat software yang terinstal pakai pkginfo.

    Multimedia belum pernah utak-atik tuh Mas….

  10. Ohhh begitu yah Mas,

    satu-satunya software yg berhasil saya install untuk Solaris 10 8/07 adalah Driver VGA NVidia .. : D
    soale caranya mirip dengan di Linux

    oh iya kalau di PC saya dengan spec terlampir di atas sih Audio langsung terdeteksi

    Rupanya di platform 64bit (x86_64), Solaris berjalan dengan mak nyussss !

    Selama ini saya pakai Suse 10.3 x86_64 … sudah mulai pisah ranjang nih dengan Microsoft Windows

  11. Belum tahu Mas,

    tapi saya pernah lihat ada driver buat Unix di :

    http://www.realtek.com.tw/downloads/downloadsView.aspx?Langid=1&PNid=14&PFid=24&Level=4&Conn=3&DownTypeID=3&GetDown=false

    tapi ini khusus buat Sound Card Realtek HD, tidak tahu apakah bisa buat Solaris 10 atau tidak

    kalau mau sound card terdeteksi
    paling enak sih pakai Solatris 10 rilis 8/07, terus pakai kompie dengan spek saya punya … : DD

    Beda banget dengan Linux yang di support oleh ALSA yang multi platform
    dulu saya pakau Suse 10.2 sound card Realtek tak terdeteksi,
    instalasi sound card musti manual pakai ALSA

    sekarang pakai Suse 10.3 langsung jrenggggg,

  12. Saya sudah menginstall Sun Solaris 10 (8/07) di PC saya, tapi dengan VM (Virtual Machine). So far it’s working. Successful. Ada beberapa kendala yang saya temui:
    1). OS tidak bisa mengenali Flash Disk,
    2). Cara konfigurasi IP, sehingga bisa browsing ke internet.
    Can anyone help bout this?

    !! Specs PC saya:

    Total Physical Memory: 2,047 MB
    Available Physical Memory: 286 MB
    Virtual Memory: Max Size: 2,048 MB
    Virtual Memory: Available: 2,008 MB
    Quad Core @6600@2.4 GHz
    VGA 512 Asus X1050 Series
    etc

  13. @ Lionel :
    1. kalo tidak bisa mengenali harddisk ada beberapa kemungkinan. Mungkin VM yang kamu pakai belum dikonfigurasi untuk menggunakan USB device yang terpasang pada PC. Kemungkinan lain kamu belum mounting devicenya.
    2. Cara konfigurasi IP di Solaris silakan baca : http://tedytirta.com/2007/11/20/mengganti-ip-address/
    Supaya bisa akses internet kamu juga perlu konfigurasi DNS server yang dipakai. Caranya dengan mengisikan alamat IP DNS Server yang dipakai provider internet kamu di dalam file /etc/resolv.conf. Jangan lupa konfigurasi proxy (kalau di jaringan internet kamu menggunakan proxy server).

  14. saya juga pernah coba instal solaris di iPentium III dengan 768 MB SDRam 40GB HD lancar dan semua driver terdeteksi…

    cuma masalahnya saya masih awam dgn linux😦
    mau mounting UFD di Solaris ajah blm bisa…. gimana yah???
    biasanya pake openSUSE langsung automounting

    sekarang sedang nyoba pesen lagi CD openSOLARIS…
    http://www.opensolaris.org

    moga sukses

Leave a Reply

