Linux Lebih Aman Daripada Windows

Kemarin malam ada seorang teman bertanya, apa kelebihan Linux dibandingkan dengan Windows? Hal pertama yang saya sebut adalah bebas virus. Sepanjang pengertian saya tentang Linux, Linux itu lebih aman daripada Windows termasuk dalam urusan virus-virusan.

Malam ini saya malah mengalami sendiri bahwa Linux itu bebas virus. Ketika saya menggunakan flash disk milik teman saya, saya menjumpai ada file-file script VB. Padahal saya tahu persis file-file apa saja yang ada di dalam flash disk tersebut, tidak ada file yang berupa script VB. Saya langsung menduga bahwa file script tadi adalah virus (atau sebangsanya🙂 ).

Ketika flash disk tersebut saya kembalikan ke pemiliknya, saya katakan mungkin di dalam flashdisk ada virus. Ternyata benar dugaan saya tadi, ketika flashdisk tadi dipasang ke komputer teman saya (sistemnya Windows XP) antivirus yang dia gunakan langsung mengenali adanya virus. Entah apa nama virus tersebut. Anehnya lagi, folder yang ada di dalam flash disk tadi tidak bisa dibuka ketika di-double click. Folder hanya bisa dibuka dengan klik kanan lalu Explore. Saya langsung berpikir mungkin itu akibat dari virus yang ada di dalamnya.

Lalu saya coba pasang lagi flash disk itu di Ubuntu saya. File-file script tadi saya hapus. Saat dikembalikan ke komputer teman saya, folder yang ada sudah dapat dibuka seperti biasa (cukup dengan double click) dan anti virusnya tidak lagi mendeteksi adanya virus dalam flash disk tersebut.

Pengalaman tadi paling tidak bisa menjadi referensi tambahan bagi saya bahwa Linux jauh lebih aman daripada Windows😀 . Tulisan ini sebatas pengalaman saya yang masih pemula dalam menggunakan Linux. Mohon diberi tahu kalau ada hal tertentu yang lebih aman di Windows daripada di Linux.

14 thoughts on “Linux Lebih Aman Daripada Windows

  1. apa gak kebalik mas???
    1. coba setting windows..coba user di kasih akses restrict, jangan default sebagai admin, aman gak???itu lebih aman dari pada pake linux tapi akses root…. ya kan??(1:1)(w:L)

    2.dalam segi keamanan kalu user di kasih akses admin(windows) dan root(linux), system sama2 bahaya, dan itulah yang menjadikan windows di kataken lemah….(-1,-1)(w,l)

    3.kalau bicara scrip, yang lebih riskan adalah linux, coba ada berapa scrip yang otomatis terinstal di linux, dan ande saja ada orang membuat secript(semacam virus vb tapi pake perl ato bash) dan instalasi linux di buat default ke root apa gak bahaya??pasti bnayak worm perl, python dan bash yang nongkrong di linux (1, -1)(w,l)

    dan coba bayangken kalau instalasi windows defaultna pake restrick user???aman mas registry gak bakal di sentuh script…

    sebenernya sama mas…jangan mengkultuskan linux…

  2. @ irosyidi : saya tidak mengkultuskan Linux, hanya berbicara atas dasar pengalaman. Pengalaman saya tetap ada virus yang bisa mampir ke Windows meskipun si user di beri akses non-admin. Tapi saya pun tidak bisa bicara banyak tentang Linux karena masih dalam tahap belajar. Faktanya sampai sekarang belum ada virus dan teman-temannya yang mampir ke komputer saya (tau pernah tapi saya gak tau kali ya…ha..ha..ha..) Mungkin nanti kalau sudah ada pengalaman kena virus di Linux saya baru bisa banyak bicara.

  3. @ irosyidi : gantian Anda yang membayangkan berapa banyak virus yang dibuat untuk Windows? berapa banyak antivirus untuk Windows? Dari situ apa kesimpulan yang bisa diambil?

  4. he…he…he… koq hampir mirip dengan saya yah ?

    Linux di PC saya juga berfungsi untuk membersihkan Virus Windows

    nih ada dua flash disk titipan teman untuk dibersihken sama si Penguin

    ehhhh kebetulan masih nemplok Solaris 10 belum di kembaliken ke Linux, rasnya sih bisa juga buat babat virus Windows yang suka aktif saat USB dicolokken

  5. wah ikut nimbrung yah🙂
    @apri
    mungkin salah satu alasan linux masih “bebas” virus adalah user linux < user windows yang secara otomatis si virus maker tadi cari sasaran yg “empuk” donk.
    dan juga mungkin keterbatasan si virus maker yang sebagian lebih menguasai jendela daripada pinguin…

    just IMO

    gw lagi belajr linux juga nih… pake openSUSE…🙂

  6. “berapa banyak antivirus untuk Windows? ”
    saya senang windows karena ini…..
    karena virus saya dapat hidup…karena saya tukang bersihin virus.
    karena virus banyak orang yang bisa makan karena bekerja di McAfee.

    kalo pake linux, ane pasti kelaparan, karyawan mcafee pada jadi pengangguran…

    hidup windows..i love u
    aku juga beli kamu😀 hehehehehehehehe

  7. Kalau anda perhatikan situs ini:
    http://www.pclinux3d.com/virus/daftar-virus-komputer-di-linux.html

    Ternyata memang linux pernah di hinggapi virus tp yang namanya aplikasi yang diperuntukkan untuk NETWORK ya pastinya dibabat abis sebelum berkembang biak.

    Coba bayangin ajah kalau virus di linux sebanyak di windows, pastinya administrator jaringan seperti saya harus ngabisin duit milyaran juta untuk sekedar mempelajari router atau server yang terbaik, aman dan tentunya murah, dan ternyata hanya dengan meng update kernel linux yang up-to-date banget memecahkan solusi virus tersebut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s