Pantura Yang Selalu Rusak

Sabtu lalu saya pulang ke Cirebon bersama seorang rekan. Dari Jakarta kami lewat jalur utara Jawa yang biasa dikenal dengan Pantura (pantai utara). Setelah pintu tol Cikampek mulai perjalanan tidak lagi menyenangkan. Pemandangan biasa yang saya jumpai tiap kali melintas di jalur Pantura, jalanan rusak.

Entah mengapa jalur Pantura tidak pernah mulus-mulus. Dari dulu ada saja ruas jalan yang diperbaiki. Lubang-lubang berukuran cukup besar juga kerap kami jumpai sepanjang jalur Jakarta Cirebon. Apa karena kendaraan berat banyak melintas sehingga jalur ini sering sekali rusak? Atau karena kualitas jalan yang rendah sehingga gampang sekali rusak? Perbaikan jalan di beberapa titik cukup menghambat perjalanan, karena mau tidak mau hanya 1 jalur yang bisa digunakan. Biasanya kemacetan akan bertambah di kala musim mudik Lebaran. Bisa dibayangkan, perbaikan jalan di hari biasa saja menyebabkan terhambatnya lalu lintas apalagi nanti ketika arus mudik melonjak. Tahun 2001 pun saya pernah terjebak kemacetan yang luar biasa panjang menjelang Lebaran.

Bandingkan dengan jalan tol Jakarta Cikampek atau jalan tol Jagorawi yang bagus kualitasnya. Kedua jalan tol di Jakarta tersebut dikerjakan oleh kontraktor asing. Faktanya jarang sekali ada kerusakan di dua ruas jalan tol tersebut. Tidak bisakah kontraktor jalan di Pantura belajar cara membuat jalan dengan melihat kedua jalan tol tadi? Saya pikir Indonesia tidak kekurangan orang pintar, banyak engineer yang ahli bangunan dan ahli jalan raya. Kok membereskan Pantura saja tidak beres-beres. Lahan proyek pemerintah kah ini? Supaya tiap tahun ada anggaran yang keluar kah?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s