Akhirnya Ubuntu Saya Menyanyi

Akhirnya malam ini Ubuntu saya bisa “menyanyi”😀 . Setelah menginstal XMMS (WinAmp-nya Linux), Ubuntu saya sekarang bisa menjalankan file MP3. Terima kasih Aseppudin yang sudah berbagi tutorial menginstal XMMS di Ubuntu. Lihat gambar XMMS di Ubuntu saya ini :

xmms

Pertama saya mendownload package yang disarankan oleh Aseppudin yaitu :

  • libglib1.2_1.2.10-10.1build1_i386.deb
  • libgtk1.2-common_1.2.10-18_all.deb
  • libgtk1.2_1.2.10-18_i386.deb
  • xmms_1.2.10+cvs20050809-4ubuntu5_i386.deb
  • xmms-skins_0.6-1_all.deb

Lalu saya instal package tersebut satu persatu lewat terminal. Perintah untuk menginstal tiap paket adalah :

sudo dpkg -i

Sayangnya ketika menginstal xmms_1.2.10 muncul error, saya baca sepintas ada error tentang depedency package dengan libssl0.9.8. Malas mencari tahu saya jalankan saja Synaptic Package Manager, tinggal klik-klik saja biarkan Synaptic yang bekerja😀 .

Synaptic mencari package yang dibutuhkan untuk menginstal XMMS lalu mendownloadnya dari internet (kebetulan komputer saya terhubung ke internet), tidak lama kemudian XMMS pun siap dipakai. Menjadi agak bodoh memang ketika saya menyerahkan urusan instal menginstal kepada Synaptic Package Manager ini. Tapi saya senang akhirnya bisa juga Ubuntu saya dipakai untuk mendengarkan MP3😀 . Sekarang tinggal mencari tahu bagaimana cara memutar DVD di Ubuntu. Tadi saya sudah mencoba Totem untuk menjalankan DVD, tapi gagal karena belum ada codecnya.

4 thoughts on “Akhirnya Ubuntu Saya Menyanyi

  1. Terima kasih atas informasinya,
    sangat bermanfaat bagi saya karena kemarin
    baru nginstall ubuntu tapi buat play file mp3 nggak bisa.

    cari2 info eh ngak taunya nyangkut disini.
    btw trima kasih infonya

Leave a Reply

