Revisi Pada Tutorial LaTeX : Instaler LaTeX

Hari ini ada yang menanyakan kembali mengenai tulisan tutorial \LaTeX yang pernah saya buat. Pertanyaan datang mengenai masalah instaler \LaTeX. Di tulisan saya tersebut saya menuliskan contoh instaler \LaTeX yaitu MikTeX.

Ketika dulu tulisan tersebut saya buat, saya masih menggunakan MikTeX. Tapi sekarang saya sudah tidak lagi menggunakan MikTeX karena beberapa alasan. Sekarang menggunakan TeXLive 2007 untuk mengcompile dokumen. TeXLive bagi saya memiliki banyak kelebihan dibandingkan distribusi \LaTeX lainya, di antaranya adalah :

  • Memiliki instaler untuk MacOS, Linux, dan Windows
  • Dilengkapi dengan banyak sekali package.
  • Dokumentasi dan tutorial banyak disertakan dalam CD TeXLive ini.
  • Dapat dijalankan tanpa harus menginstal ke dalam harddisk. Sama seperti live cd pada beberapa distro Linux.

Saya sangat merekomendasikan penggunaan TeXLive sebagai media instalasi. Sebenarnya Anda dapat mendownload sendiri CD instaler ini di http://www.tug.org/texlive/acquire.htm. Tapi memang filenya cukup besar. Untuk internet yang kecepatannya rendah, pekerjaan download ini bisa memakan waktu lama. Apalagi TeXLive 2007 sekarang sudah berukuran 1.8 GByte, sudah tidak cukup dalam 1 CD tapi dalam bentuk DVD.

Contoh tampilan TeXLive 2003 adalah seperti berikut ini :

Contoh tampilan TeXLive 2007 adalah seperti berikut ini :

Bagi Anda yang ingin mencopy CDnya dapat menghubungi saya, nanti saya copykan untuk Anda.

7 thoughts on “Revisi Pada Tutorial LaTeX : Instaler LaTeX

  1. Pingback: TeXLive Di Linux « Blognya Tedy Tirtawidjaja

Leave a Reply

