Recover Hard Disk

Semalam saya jadi punya kerjaan baru, mencoba merecover harddisk teman saya yang rusak. Harddisk Seagate 250GB nya dianggap oleh Windows belum diformat. Hilang partisinya. Data-data penting teman saya ada di dalam harddisk tersebut. Harddisk yang dijadikan external storage tersebut awalnya jatuh 2 kali. Maklum teman saya ini suka bercanda, bercandanya tidak kepalang…mencoba ketahanan harddisk, dijatuhkan..ha..ha..ha…just kidding. Tidak sengaja jatuh 2 kali tepatnya.

Mencoba recover dengan Recover My Files v3.80 tapi gagal. Entah mengapa proses pencarian berhenti di tengah-tengah. Pagi ini saya coba ulangi sekali lagi dan hasilnya tidak juga keluar. Akhirnya sekarang saya mencoba menjalankan GetDataBack for NTFS 3.02. Masih dalam proses dan semoga bisa mengembalikan semua data dengan baik. Saya baca di banyak forum, GetDataBack sudah banyak direkomendasi sebagai tools yang mumpuni dalam mengembalikan data yang hilang, baik yang tidak sengaja terhapus, kehilangan partisi, dll. Review tentang GetDataBack nanti kalau hasilnya sudah saya dapat😀

17 thoughts on “Recover Hard Disk

  1. Selamat siyang pak…
    Bapak ini blog nya kok dinamai pake bodoh2 segala…Eh nggak apa2 pak…Karena saya lebih bodoh..He he..begini pak, itu get data back downloadnya dimana ya pak?Saya kok kebetulan juga kehilangan data penting. Bisakah saya dikasih sedikiiiiiit aja advis…sedikiiit saja (nanti nambah boleh ya pak?)…Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan banyak terima kasih..matur nuwun..thanks u!

  2. Hallo mas,
    saya lagi apes juga nih…
    tadi pagi buat partisi ex. HDD pake partition magic 8, lagi dalam proses, terjadi error. Sekarang saya tidak bisa mengakses partisi lama lagi, cuma satu pertisi baru yang terbaca, itupun kosong dan kapasitas nya cum 100 Gb, padahal, kapasistasnya ex.HDD ku itu 250 GB. Mohon sarannya mas….

    Terima kasih banget

  3. Siaang Pak…
    Lagi apes puool nie!!
    Pak, HD eksternal saya nie ga’ bisa kebaca napa ya??, padahal di disk management tu statusnya Healthy (Active) tapi ga bisa dibuka lewat My Computer. waktu dibuka tulisannya “I:\ s not accesible. error performing in page operation” untuk diketahui HD saya WD Scorpio 120 GB. Mohon bantuannya ya Pak. Pliiiss!!

  4. Selamat sore. Maaf saya ingin bertanya. Sekitar bulan januari 2007 saya mengcut file2 data microsoft word 7 power point dari C ke D tiba2 muncul tulisan can’t move file, lalu saya coba untuk mengCOPY file2 dari C ituke D juga tidak bisa 7 muncul tulisan can’t copy file, dan muncul tulisan : kalau anda teruskan maka akan merusak program komputer anda. Karena takut akhirnya saya cancel. Tapi, setelah 4 hari file2 itu tiba2 hilang. Saya ud berusaha ke ahli komputer. mereka coba untuk merepair 7 memBACKup file2 saya. sebagian File2 itupun muncul, tapianehnya file2 itu tidak bisa dibuka dan hanya muncul tulisan seperti huruf2 mesir. Saya ud putus asa, padahl file22 itu sgat pnting. Saya pernah dgr bhw file2 yg hlg bisa dikmblkn lg. Gmn mnrt anda.Adkh cara unt mengmblkan file2 saya. Jka tk kbrtan maukah anda membalas dgn mgrim email blasan dan jwban ke email saya. Atas bantuannya saya smpaikan trm ksh.

  5. bozzzzzzzzzzsaya minta donk alamat get databack soalnya kalo trial datanya g bis a dikembalika harys buka 1 per 1
    data saya kan ribuan g mungkin kan membuka dan meng save as satu per satu

    tolong yaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa

  6. Menanggapi banyaknya nada-nada sumbang tentang keberadaan Everesta Media dengan biaya recovery data yang sangat mahal yaitu 5 juta, yaitu katanya terjadi kerusakan fisk yang fatal pada harddisk. Ada pengalaman yang justru tidak masuk akal. Saya Ruli, tinggal di Serpong (BSD), 38 tahun. Karyawan salah satu Bank Swasta di Jakarta Barat. MOHON MAAF kalau tulisan ini bukan bermaksud menjelek-jelekan orang atau organisasi tertentu. Tapi untuk penyeimbang berita saja.

    Ada suatu cerita. Boleh percaya boleh tidak. Tepatnya di awal Februari 2008 lalu, saya pernah menemukan masalah. Sore hari, laptop Toshiba saya tiba-tiba hang. Seperti biasanya saya segera matikan listriknya, lantas saya restart ulang. Biasanya mau lagi berjalan normal. Tetapi sekarang ini sepertinya lain, hanya tampilan ‘blue screen’ dengan tulisan bahasa aneh, agak sedikit bunyi aneh klak-kletek, dan saya pun tidak tahu artinya. Lantas saya copot hardisknya untuk di-copy ke PC, dengan memakai external case SATA ternyata sama saja & ada bunyi kletak-kletek.
    Akhirnya, saya membawa ke beberapa tempat recovery data di daerah Harco Elektronik dan Mangga 2 Mall. Seperti biasa, saya menunggu beberapa hari. Tetapi saya tidak menegerti, ternyata mereka gagal menyelamatkan data saya dengan alasan bahwa kerusakannya adalah pada piringan/disk hardisk saya sudah parah (tergores). Saya pun mengambil harddisk SATA Seagate Momentus saya, dan mencoba merecover lagi ke beberapa tempat lain. Ternyata sama. Mereka gagal. Sama saja, terakhir saya coba lagi membawa ke jasa recovery data di bilangan Mall Ambasador, Jl.Setiabudi Sudirman, daerah Jakarta Barat juga, dan banyak tempat lain. Ternyata hasilnya sama saja. Padahal mereka juga mengaku-ngaku adalah master, ahlinya atau yang terbaik.

    Entahlah saya hampir putus asa. Saya sudah bingung harus kemana lagi saya antar harddisk saya agar dapat diselamatkan data – data penting di dalamnya. Saya juga hampir putus asa. Akhirnya saya coba terus mencari di Internet, di salah satu situs iklan gratis tampa daftar, saya menemukan Everesta Media, salah satu jasa penyelamat data, situsnya http://www.everezta.com. Awalnya saya sempat ragu – ragu dengan sosok Everesta Media. Karena sebelumnya, saya sempat membaca beberapa tulisan-tulisan bernada sumbang tentang Everesta dari berbagai pihak! Mengatakan, bahwa tempat Everesta Media tidak meyakinkan sekali! Tetapi, saya coba untuk tidak mudah percaya langsung dengan tulisan mereka. Karena belum ada buktinya bagi saya! Ya. Coba-coba dululah siapa tahu lain apa yang banyak pihak propagandakan. Mungkin juga, sosok Everesta tidaklah seperti tulisan yang pernah saya baca. Di tengah keputus-asaan, karena Everesta juga saya pikir akan sama dengan yang lain sebelumnya. Awalnya iseng-iseng saja kalau saja mereka bisa. Saya coba -coba menelpon ke pihak Everesta Media. Ternyata, mereka meminta saya mengantarkan harddisk saya ke tempat mereka di daerah Lenteng Agung arah Depok. Akan tetapi kalau diambil oleh mereka, dikenakan biaya, yaitu untuk biaya pengecekan dan transportasi, yaitu sebesar tujuh puluh lima ribu rupiah dibayar di muka. Awalnya saya ragu-ragu dan ciriga. Akhirnya, dari pada repot – repot pikir saya, karena juga saya juga agak sibuk waktu itu. Saya meminta mereka segera datang mengambil harddisk tersebut untuk direcover ke kantor saya. Saya pun harus bersabar lagi menunggu jawaban dari pihak mereka.

    Keesokan harinya, saya ditelpon pihak mereka / Everesta Media, walau sempat tidak percaya. Mereka mengabarkan kepada saya, bahwa harddisk SATA saya dapat diselamatkan mereka, karena belum sempat dibongkar dalamnya. Katanya keberhasilan recovery data minimal 80% bukan 100%, juga waktunya agak lama minimal satu minggu, alasannya bahwa kerusakan harddisk saya tergolong sangat parah secara fisik (katanya ada sudah bunyi, head bacanya rusak, tidak terdetek BIOS lagi dan sudah banyak “bad sector area”). Mereka mengajukan biaya recovery data sebesar 5 juta rupiah. Jumlah yang sangat mengejutkan saya. Alangkah kagetnya saya! Saya tidak percaya!!! Mahal sekali! Mahal sekali mas!!!! Padahal tidak seperti di tempat – tempat lain yang pernah saya tanya, jauh lebih murah! Karena mahalnya saya bingung sekali, takut sekali telah ditipu oleh Everesta Media! sempat saya berpikir akan membatalkan saja. Karena terus penasaran di hati saya, saya coba lagi tawar harganya agar dapat lebih murah. “Jangan mahal-mahal pak…..!” Entahlah, mereka tetap keras kepala! Tetap saja, tidak mau agar biayanya lebih murah, alias tidak dapat ditawar lagi biayanya. Karena terpaksa juga & pasrah, mau tidak maulah! harus kemana lagi saya coba merecover data saya dengan harga jauh lebih murah, Sementara mereka belum tentu menjamin sanggup! Sebagaian besar mereka telah menyerah tak sanggup/ gagal. Akhirnya dengan terpaksa, saya menyetujui juga dengan biaya 5 juta rupiah secara tunai dibayar. Asalkan data-data saya benar – benar telah berhasil diselamatkan! Itu janji saya pada pihak Everesta Media.

    Bingung dan sangat mencurigakan juga cara kerja Everesta Media seperti apa. Terpaksa harus menunggu lebih seminggu tampa ada kejelasan atau kabar. Tak sabar, akhirnya setelah 8 hari, mereka (pihak Everesta Media) tiba-tiba menelpon lagi kepada saya, dan memberitahukan bahwa sudah selesai semua data saya diselamatkan, diminta saya segera membuka e-mail saya, karena laporan datanya sudah dikirim. Segera saya cek e-mail saya, ternyata benar data saya sudah ada semua. Diminta juga, saya segera menyiapkan biaya recovery data tunai 5 juta rupiah. Astaga mahal sekali!!! Sebelum saya mengetujui saya harus cek lagi lebih detail apakah benar – benar data saya sudah ada. Saya mencoba mengingat satu – persatu data – data penting saya, yang sebagian besar saya sudah tak ingat lagi satu persatu. Ternyata benar! Aneh, sangat tidak dapat dipercaya!!! mereka telah berhasil menyelamatkan data-data saya! Atau mungkin Everesta sedang kebetulan ‘hoky’ jadi dapat menyelamatkan data-data saya. Aneh! Mungkin saja….! Percaya tidak percaya! Tidak seperti banyak nada sumbang tentang Everesta lantaran tempatnya tidak meyakinkan yang masuk gang itu (mobil tidak bisa masuk)! Tak terkecuali photo-photo anak saya waktu lahir dulu.Sangat mahal bagi saya, biaya recovery datanya! tidak seperti di tempat-tempat lain yang pernah saya tanya. Walaupun, pertama-tama saya curiga takut ditipu oleh pihak Everesta karena sosok tempatnya tidak meyakinkan. Sebenarnya jujur dalam hati kecil saya, terpaksa harus puas juga dengan harga 5 juta rupiah. Saat ini, sangat tidak penting seperti apa tempat Everesta Media, siapa – siapa saja yang anggotanya, bagaimana cara kerja mereka, dan berapakah personil dari Everesta Media itu?! Justru yang terpenting bagi saya Everesta Media adalah lebih dan memiliki nilai tambah dari dari yang lain! Karena sudah terbukti telah berhasil menyelamatkan data-data penting saya, bahkan yang sudah lama dihapus sekalipun. Sementara di tempat lain sudah gagal / menyerah.Terserah anda mau dibilang kebetulan Everesta sedang beruntung /hoky.

    Ruli, Serpong (8-1). Percaya atau tidak cerita. Terserah anda, jangan tuntut saya telah menipu anda di hari akhir kelak! Mau dianggap fiktip belaka silahkan. Karena kebenaran cerita ini tidak akan pernah dibuktikan! Jangan tanya saya fiktip atau tidak! Hanya saja.Terima kasih kalau anda telah mau membacaya.

  7. mas saya butuh bantuan nih….
    mohon dibantu yahh..
    waktu saya lg redistribute partisi pake partition magic 8, pas dalam proses mati lampu. akibatnya partisi yang saya tambahin kapasitasnya ga mau dibuka. kapasistasnya itu udah berubah kok, tapi kok ga mau dibuka ya mas?

    pas saya coba chek for errors (dari partition magic 8) yg muncul error#7.
    Kalo di klik kanan trus properties (dari partition magic 8 juga)yg muncul tulisan error#1507 bad file record signature.

    gimana ya mas buat ngembaliin data2nya? pusing 7 keliling saya…
    mohon bantuannya ya mas…..

  8. napa seh yang namanya ruli ini ada dimana2.
    trus isi commentnya sama semua lg.
    mpe ada di surat pembaca detik ama okezone.
    gw curiga ne jangan2 org2 nya everesta.
    sengaja bagus2in diri biar orang laen ketipu.
    gw pribadi seh bukan korban.
    tp berteman ama korban tipu2nya everesta.
    so kalau bener mao recovery.
    berhati2 lah cari vendor.
    klo gw seh nyarin coba2 recover pake software yg ada dolo d.
    yang paling bagus seh data kudu dibackup. jd seandainya some day hdd rusak ada gantinya.

  9. Pak Tedy bagaimana bisa tidak memperbaiki (menimbulkan kemabali file yang kita move ke ex hdd. Dan kebetulan ex Hdd nya rusak. Saya ingin dari Komputer tersebut bisa dikembalikan lagi file file yang sudah saya move.

    Terima kasih

  10. Pak,saya mau nanya kenapa hardisks saya tidak bisa di instal ulan dan formatnya(file system) berubah menjadi RAW dan sekarang saya rubah menjadi FAT32.tapi tidak bisa di instal.dan saya mau nanya bagaiana cara mengubah file systemnya menjadi NTFS. Terima kasih Pak,saya mengharapkan bantuannya

  11. Assalammualaikum..
    Saat ini 23.30 10 Desember
    Hari bertepatan adik w tercinta bertambah umur 20 tahun.
    Selamat Ulang taun ya dik.. belajar yang rajin, abang doakan semoga adik
    Selalu berada da;am lindungan Alloh SWT.

    Salam,
    Abang Tercinta yang lagi lembur merecover hardisk…

    Terusberjuang Kawan!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s