Citra Jaya Tambah PR Untuk DepHub

Tidak hanya pesawat yang riskan terhadap kondisi alam sekitar, kereta api pun bisa mengalami naas akibat sentuhan alam. Hari ini kereta api Citra Jaya jurusan Jakarta-Kroya mengalami kecelakaan di Garut, Jawa Barat (Detik.com). Diduga kereta terguling karena tanah di bawah rel labil. Longsornya tanah dipicu oleh hujan yang terus mengguyur kawasan Bandung dan sekitarnya. Garut sendiri berada di selatan Bandung. Berada pada dataran tinggi, Garut memiliki kontur tanah berbukit. Tidak aneh bila tanah di sana mudah longsor ketika ditimpa hujan deras yang terus-menerus.

Menurut Detik.com tidak ada korban tewas dalam insiden kali ini. Korban hanya luka parah (5 orang) dan luka ringan (26 orang). Syukurlah tidak ada korban meninggal dalam kecelakaan ini. Kalau ada tentu akan menambah kelam daftar kecelakaan transportasi di Indonesia yang memang sudah hitam. Kecelakaan ini pun mengganggu jalur kereta api yang akan melintas di Jawa bagian selatan. Semua kereta yang lewat jalur tersebut terpaksa dialihkan melalui jalur utara (lewat Cikampek). Membaca berita kecelakaan kereta ini mengingatkan saya pada pernyataan seorang rekan : “apa yang kita beri pada alam, itulah yang akan alam beri pada kita”.

Mungkin ini juga sebuah tambahan pekerjaan rumah bagi Departemen Perhubungan untuk membenahi sistem transportasi di tanah air. Memang kecelakaan kali ini adalah murni akibat alam tapi apakah manusia tidak bisa berusaha? Tidak adakah langkah antisipasi dari penyelenggara jasa transportasi akan kemungkinan timbulnya gangguan alam? Ya namanya juga PR, bisa dikerjakan bisa tidak😀 tergantung apa mau gagal lagi atau tidak.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s