Ralat Pada Tutorial LaTeX

Hari ini ada seseorang yang mengirim email kepada saya menanyakan sesuatu hal tentang \LaTeX. Pertanyaannya tentang cara memasukkan gambar dalam dokumen yang ditulis dengan \LaTeX. Katanya dia sudah mengikuti petunjuk dari artikel yang saya buat, tapi gagal. Hal tersebut memancing rasa penasaran saya untuk melihat kembali artikel yang telah saya buat. Terima kasih untuk Sdr.Rachmad Abdillah yang sudah menanyakan hal tadi sehingga saya menemukan kelemahan dalam artikel saya tersebut. Berikut ada revisi yang saya buat. Tulisan ini saya tulis juga di postingan saya terdahulu di https://tedytirta.wordpress.com/2007/02/16/tutorial-latex/

RALAT (18 April 2007):

Sedikit ralat pada artikel saya : Membuat Dokumen Dengan LaTeX.

Ralat pada halaman 22 mengenai cara menampilkan gambar dalam dokumen. Revisinya adalah sebagai berikut :

Untuk menempatkan sebuah gambar dalam dokumen \LaTeX caranya adalah sebagai berikut

\begin{figure}[!htbp]
\centering
\includegraphics[width=3cm,height=3cm]{nama file gambar}
\caption{Nama Gambar}
\label{penanda}
\end{figure}

Beberapa hal yang harus diketahui dari format perintah di atas :

  • Perintah \centering digunakan untuk mengatur posisi gambar agar berada di tengah. Agar gambar berada di sisi kiri gunakan perintah \flushleft dan untuk membuat gambar berada di sisi kanan gunakan perintah \flushright.
  • File gambar harus berada pada direktori yang sama dengan file source code *.tex dokumen Anda.
  • \label{penanda} digunakan untuk menandai letak gambar tersebut. Perintah ini akan berguna bila di bagian lain dokumen Anda ingin merujuk gambar tersebut. Untuk merujuk ke gambar tesebut gunakan perintah \ref{penanda}. Fitur rujukan ini membutuhkan paket hyperref.

6 thoughts on “Ralat Pada Tutorial LaTeX

  1. terima kasih atas tutorial latexnya, saya rasa itu sangat bermanfaat, dari buku anda saya mulai mengenal latex dan kemarin pun mencoba membuat dokument dengan latex.
    Saya memakai winefish di Ubuntu,,,
    good job

  2. pertama-tama terimakasih atas source code skripsi dengan latexnya. Perkenalkan saya hendrik mahasiswa matematika yang sedang belajar mengenai LateX.
    Tapi ko source codenya tidak bisa dicompile dengan MikTex langsung?apa saya harus mengisi dahulu semua yang ada di source code tersebut?terima kasih banyak.

  3. @hendrik : Terima kasih sudah mampir di blog saya. Tidak harus Anda mengisi semua bagian dalam source code tersebut. Ada beberapa hal yang mungkin menyebabkan Anda gagal compile source code tsb. Misalnya :

    1. Tidak semua paket yang tercantum di source code tsb ada dalam distribusi MikTeX yang Anda gunakan.
    2. Anda kurang lengkap atau salah dalam mengcopy source code dari file pdf yang saya buat.

    Tapi terima kasih sudah memberi masukan. Nanti saya akan muat lagi tulisan yang lebih jelas tentang contoh skripsi. Bila masih ada pertanyaan silakan kirim ke email saya tedy[underscore]itb[at]yahoo[dot]com

  4. teriamakasih banyak atas jawabannya yang cepat..:)
    jika ada kesulitan lain dalam LateX boleh saya bertanya kembali?

Leave a Reply

