UAN Bocor – Depdiknas Berkelit

Ujian nasional diwarnai beredarnya jawaban via sms. Baru tadi pagi saya ucapkan selamat bagi para siswa/i SMA yang akan menjalani ujian akhir nasional. Di akhir postingan saya juga menuliskan akan menulis cerita lain tentang ujian nasional. He..he..he…rupanya benar akan ada cerita lain dari ujian nasional 2007 ini.

Sore ini saya melihat berita di TransTV, di acara Reportase Pekan saya melihat berita tentang adanya kebocoran soal ujian kali ini. Ujian diperjualbelikan lengkap juga dengan jawabannya. Soal ujian dijual dengan harga tinggi. Harganya pun terbilang heboh, sekitar 8 juta rupiah; saya lupa apakah uang senilai ini untuk 1 mata pelajaran atau paket semua mata pelajaran yang diujikan. Depdiknas sendiri tidak membenarkan berita tersebut. Menurut Depdiknas tidak benar ada kebocoran soal ujian akhir nasional ini. Aneh memang penolakan yang diberikan oleh Depdiknas. Jelas-jelas ada penjual soal dan jawaban ujian, tapi kok malah berkelit. Malu Pak anak buahnya jualan soal?๐Ÿ˜€

Uang dan kelulusan jadi 2 hal yang menyebabkan kebocoran soal terjadi. Di mana ada permintaan; di situ ada penawaran. Pihak siswa/i banyak juga yang ingin punya jaminan kelulusan, membeli jawaban ujian. Di lain pihak, mungkin ada oknum di Depdiknas yang jeli mengintip peluang bisnis ini๐Ÿ™‚ Tingginya standar kelulusan ujian nasional membuat siswa/i yang tidak yakin dengan kemampuannya, mencari alternatif lain lolos dari ujian nasional kali ini. Susahnya cari uang dewasa ini juga menyediakan alasan bagi oknum-oknum tertentu untuk mencari penghasilan tambahan dari menjual soal dan jawaban ujian nasional. Klop sudah 2 situasi ini memicu terjadinya kecurangan dalam ujian nasional. Menurut saya percuma saja banyak relawan (dari beberapa universitas) menjadi pengawas ujian. Toh tetap saja kecurangan terjadi. Lah wong mereka sudah punya (atau sekadar tahu) soal dan jawabannya ketika hendak berangkat sekolah. Walaupun handphone dilarang dibawa masuk ke dalam ruang ujian tetap saja mereka dapat menyiasati aturan ini; SMSnya dibaca dulu sebelum berangkat sekolah.

Saya pribadi sangat mendukung dengan tingginya standar kelulusan dari ujian nasional. Dengan demikian, lambat tapi pasti standar pendidikan dasar di Indonesia akan meningkat. Tidak enak memang mengorbankan beberapa generasi dengan “membuat” mereka gagal dalam ujian. Tapi kalau kita pakai kacamata global, kita pasti lebih memilih bangsa Indonesia memiliki standar pendidikan dan kecerdasan yang tinggi dari lulusan-lulusan pendidikan dasarnya. Pagi ini pun sebelum pergi ke kantor, saya sempat berbincang dengan seorang rekan tentang tingginya standar kelulusan sekolah sekarang ini. Rekan saya punya pendapat serupa dan dia menyayangkan terlambatnya Indonesia menerapkan standar yang tinggi dalam kelulusan. Menurutnya, kalau saja dari tahun ’80an Indonesia sudah menerapkan standar yang tinggi, pasti sekarang kualitas pendidikan di Indonesia sudah cukup tinggi tidak kalah dengan negara-negara tetangga. Ya mungkin pandangan saya dan rekan saya tersebut cukup ekstrim.

Dulu juga pernah saya banyak berdebat dengan rekan-rekan lain, mereka rata-rata tidak setuju jika standar kelulusan dibuat sedemikian tinggi. Mohon maaf bagi rekan-rekan yang tidak setuju dengan pandangan saya๐Ÿ˜€ Tulisan ini sekadar curah pikiran atas fenomena yang terjadi di bangsa ini.

9 thoughts on “UAN Bocor – Depdiknas Berkelit

  1. Kayanya gak ada hubungannya antara standarisasi dengan kreativitas sekolah. Kalau memang murid-muridnya pintar tidak menutup kemungkinan juga untuk kreatif. Jangan jadikan kreativitas sebagai alasan menutupi rendahnya standar pendidikan di Indonesia.

  2. Ujian nasional membawa kepada kebodohan berkepanjangan. Kebodohan sistemik karena telah diturun-temurunkan. Pendidikan tidak bisa disimplifikasikan seperti rezim ujian nasional. Mari kita kembali kepada pendidikan masyarakat yang bertumpu pada kecerdasan & kompetensi anak.

  3. wah,masalah UAN mank jadi masalah bwt pendidikan kita.tapi mbokxz yaooo,siswa diberi keringanan.ex.UAN 1 hari 1 mata pelajaran aj,msox mikir 2.mumetzs je.matur thank you.

  4. kebocoran soal ujian nasionl, kiranya sangat kecil kemungkinannya berasal dari sekolah. yang paling mungkin adalah dari : 1) penyusun soal, 2) penggandaan, 3) dan lingkungannya

  5. Buat apa ada UN klo jawaban UN nya udah beredar…. sama saja pembodohan massal…. buang-buang biaya aja cuy…!!!!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s