Spam + Hoax = Menjengkelkan

Salah satu hal yang menyebalkan di dunia internet adalah email dengan kategori spam. Email yang dikirim oleh pihak-pihak tak dikenal ini merupakan salah satu tindakan penyalahgunaan layanan email di internet. Banyak macam spam yang saya jumpai dalam inbox saya, isinya di antaranya adalah :

  1. Sederetan karakter/huruf tak bermakna.
  2. Penawaran produk dari orang yang tidak saya kenal. Produk/layanan yang paling sering saya dapatkan adalah bisnis via internet, atau lebih gamblangnya adalah cara cepat kaya melalui internet. Semacam investasi via internet….ini yang paling banyak dan menyebalkan.
  3. Pemberitahuan yang isinya mengabarkan saya memperoleh warisan sekian juta dolar dari orang di luar negeri.
  4. Ajakan menjadi anggota sebuah perkumpulan. Contoh terbaru ada email mengaku dari Cisco Academy padahal ketika saya lihat link yang ada (tanpa mencoba mengkliknya) link tersebut tidak ada hubungannya sama sekali dengan Cisco.

Contoh-contoh di atas adalah sebagian kecil dari email spam yang masuk ke dalam inbox saya. Spam dikategorikan sebagai email sampah, karena kita sendiri tidak mengenal siapa pengirimnya dan isinya pun sama sekali tidak berguna bagi kita. Iklan adalah hal yang paling sering dijadikan bahan dalam spam, selain itu penipuan adalah modus lain yang ada dalam spam.

Email saya di Yahoo! dan di Gmail hampir tiap hari didatangi spam. Meskipun kedua layanan email gratis ini memiliki fasilitas bloking terhadap spam yang masuk, tetap saja ada spam yang tembus masuk ke dalam inbox. Setiap ada spam yang masuk saya selalu menggunakan fasilitas report spam; untuk mencegah email dari pengirim yang sama masuk ke dalam inbox. Tapi jika hal ini terus berulang-ulang membuat saya kesal juga. Selain itu komputer saya pun telah saya lengkapi dengan anti virus yang memiliki fitur scan email yang masuk. Tapi faktanya….

Spam ini memang menjengkelkan. Tapi ada juga yang tidak kalah menjengkelkan dari spam yaitu Hoax. Hoax adalah email yang dikirimkan seseorang (sangat mungkin rekan kita sendiri) yang isinya adalah penjelasan mengenai suatu hal dengan tujuan membuat kita percaya terhadap hal tersebut, meskipun hampir 99% isi dari hal yang dijelaskan adalah bohong belaka.

Contohnya penggunaan mouse optik dikatakan dapat menimbulkan kanker bagi penggunanya. Contoh lain hoax yang pernah saya terima adalah Yahoo Mail (pernah juga katanya Friendster) akan ditutup segera kirim email pemberitahuan ke 10 orang supaya email tidak dihapus. Gila…bohong besar. Itu baru beberapa contoh hoax dari sekian puluh rupa hoax lainnya.

Yang menjengkelkan adalah orang-orang yang mengirimkan hoax ini seringkali adalah orang-orang yang dekat dengan dunia internet (jam terbangnya tinggi dalam menggunakan internet). Ada beberapa teman saya yang sudah diberi tahu bahwa email bohong tersebut adalah hoax tetap saja mengirimkan email semacam itu (lebih tepatnya mem-forward). Lucunya teman-teman saya itu adalah orang dengan latar belakang teknik informatika, teknik komputer, teknik elektro….lucu kan? Orang yang berlatar belakang pendidikan teknik, dekat dengan dunia internet, dan bahkan saya tahu mereka pengguna internet dengan jam pemakaian tinggi masih saja bisa tertipu dan percaya terhadap isi email sampah semacam itu.

Hoax memang dibuat dengan gaya bahasa yang mampu meyakinkan pembacanya. Disertai dengan beberapa “fakta”, membawa-bawa nama organisasi terkenal, menyebutkan nama-nama tokoh bisa membius orang untuk percaya hal semacam itu. Pesan saya uji saja dengan logika dan perasaan ketika membaca email semacam ini.

Kita ambil contoh hoax : Yahoo Mail akan menutup layanannya. So what kalo memang demikian? Kalau memang Yahoo! mau menghapus email kita karena bangkrut mengapa harus repot-repot mencari orang yang masih niat mengirimkan email-email pemberitahuan. Bagaimana jika semua pemakai Yahoo! mengirimkan email pemberitahuan? Apa gara-gara hal itu Yahoo! tidak jadi tutup? Kalau memang benar Yahoo! akan tutup, ya tutup saja…memangnya siapa kita bisa membuat Yahoo! membatalkan niatnya tutup.

8 thoughts on “Spam + Hoax = Menjengkelkan

  1. dalam 1 hari email di yahoo ku 100 email spam masuk ke kotak bulk, email gmail ku dalam 1 hari 10 email spam dan sejenis nya. kir*kkkkkkkkkkk ga tuhhhh. sory ted sedkit buang kesal disini wkkkkkkkkkkkkkk

  2. Pingback: Blognya Tedy Tirtawidjaja »

  3. Pingback: Kecelakan Wahana Tornado di Dufan Ancol = Hoax « Blog Punya Mertanus - Budy Snake

  4. Pingback: Blognya Tedy Tirtawidjaja » Balapan Liar Di Tanah Abang

Leave a Reply

