Menamatkan Novel Gajah Mada Kedua

Kamis sore lalu saya pulang dari Pekanbaru ke Jakarta. Perjalanan pulang kali ini memberi saya kesempatan menyelesaikan membaca buku novel kedua Gajah Mada Bergelut Dalam Tahta & Angkara. Tepat beberapa menit sebelum mendarat di Soekarno Hatta, buku setebal 508 halaman itu selesai saya baca. Membaca dalam perjalanan adalah kebiasaan saya selama ini, rasanya lebih konsen memahami jalan cerita.

Seperti yang sepintas telah saya bahas di postingan saya sebelumnya, cerita berkembang di seputar rencana perebutan tahta di kerajaan Majapahit sepeninggal Jayanegara. Jayanegara memiliki 2 orang adik perempuan, Gayatri dan Dyah Wiyat. Keduanya dicalonkan menjadi ratu menggantikan Jayanegara yang tewas dibunuh dengan racun oleh Rakrian Tanca. Ra Tanca sendiri tewas dibunuh Patih Gajah Mada. Masing-masing putri sudah dinikahkan dengan bangsawan dari Singasari, Gayatri dinikahkan dengan Raden Cakradara sementara Dyah Wiyat dinikahkan dengan Raden Kudamerta.

Tiga pihak yang merencanakan makar adalah paman kandung Raden Cakradara, pihak di belakang Raden Kudamerta, dan terakhir yang paling mengejutkan adalah terlibatnya istri Ra Tanca yang menghimpun kekuatan untuk makar. Raden Cakradara dan Kudamerta sendiri seolah menjadi “boneka” bagi pihak-pihak di belakangnya yang ingin mencicipi singgasana Majapahit.

Konflik lain yang tak kalah menarik adalah fakta bahwa Raden Kudamerta sudah pernah memiliki istri. Konflik terjadi karena Kudamerta dianggap menyepelekan putri keraton dengan menikahinya sementara Kudamerta pernah beristri. Masih seperti di buku pertama, Gajah Mada dan pasukan Bhayangkara lagi-lagi sukses mengamankan Majapahit dari rencana-rencana perebutan tahta.

Saatnya mulai menyelesaikan membaca buku ketiga Gajah Mada : Hamukti Palapa.😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s