Soal Sampul Buku

Sewaktu kuliah dulu saya tiap tahun menargetkan minimal 1 buku dibaca tiap bulan. Buku-buku yang saya baca seputar manajemen, novel, psikologi. Hampir tidak ada buku teknik yang saya baca (padahal saya mahasiswa elektro😀 ). Buku elektro yang saya baca hanya buku-buku textbook yang tebalnya amit-amit (dijamin orang akan pingsan kalau ditimpuk dengan 1 buku textbook itu..ha..ha..ha..). Dulu saya rajin menyampul setiap buku yang saya beli dengan sampul plastik (“mika”). Saya punya segulung plastik mika untuk menyampul setiap buku yang saya beli. Pekerjaan pertama yang saya lakukan sepulang dari toko buku adalah menyampul buku tersebut. Membacanya adalah pekerjaan kedua.

Ketika hampir selesai kuliah sampai sekarang, kebiasaan saya membaca buku mulai berkurang. Masih ada memang beberapa buku yang saya beli, tapi intensitas saya membaca benar-benar menurun. Satu lagi kebiasaan saya yang “hilang” adalah kebiasaan menyampul buku. Buku-buku yang saya beli sekarang tidak ada yang disampul plastik. Ah bagaimana ini?

Saya adalah tipe orang yang senang merawat buku-buku koleksi saya. Saya sebal sekali jika melihat buku saya rusak (apalagi jika rusak gara-gara dipinjam orang lain). Ada sedikit rasa kekhawatiran bagaimana nasib buku-buku saya yang belum diberi sampul ini. Pekerjaan menyampuli setiap buku memang butuh waktu dan kadang terburu keasikan membaca sebelum disampul.

Pekerjaan pertama yang harus segera saya lakukan besok-besok adalah membeli segulung plastik sampul buku. Lalu saya harus segera menyampuli buku-buku yang sudah saya beli dan belum disampuli. Banyak juga nih buku yang menunggu disampul. Resiko memiliki kesenangan merawat buku. Repot tapi puas.

2 thoughts on “Soal Sampul Buku

  1. alo ted…btw…bukumu satu masih di gue neh…gmn ya ngembaliinnya…bukunya skrg ada di jkt seh?apa nunggu gue pulang indo?maap ya ted lama bgt minjemnya…tapi tng aja bukunya masih dlm kondisi ok kok,hehe…;p

Leave a Reply

