9 Ball Score Point

Tadi malam saya diajari cara menghitung kemampuan bermain biliar 9 ball. Ada namanya sebuah permainan untuk menghitung kemampuan biliar seseorang, namanya score point. Aturannya seperti berikut ini :

  1. Tiap pemain diberi kesempatan 2 sesi, tiap sesi terdiri dari 10 kali rack.
  2. Ketika kita melakukan break shot, kita akan mendapat poin 2 jika ada bola yang masuk. Tapi akan mendapat penalti -1 poin jika terjadi scratch (bola putih masuk lubang).
  3. Selanjutnya setelah break shot, kita bebas menentukan apakah ingin lanjut memukul bola atau menggunakan opsi ball in hand. Misalnya setelah break bola berikutnya yang harus kita pukul ternyata dalam posisi yang sulit, maka kita boleh mengganti posisi bola putih di tempat lain. Hanya saja jika kita menggunakan opsi ball in hand, kita dikenakan penalti -1 poin.
  4. Apabila terjadi ace break (bola 9 masuk saat break shot), bola 9 dinaikkan lagi. Permainan dilanjutkan kembali.
  5. Bola-bola berikutnya yang kita masukkan tidak boleh ada yang tidak masuk dan tidak boleh terjadi foul. Jika sampai ada yang tidak masuk atau terjadi foul, maka rack tersebut dianggap selesai.
  6. Tiap bola yang masuk diberi poin 1 (termasuk bola yang masuk saat break shot). Perhitungan dilanjutkan di tiap rack; peraturan dari poin 2-4 terus berulang sampai pemain menyelesaikan 2 sesi (20 kali rack).
  7. Nilai akhir adalah rata-rata dari 2 sesi tersebut.
  8. Jika dalam 1 rack terjadi run out (bola 1-9 masuk semua) tanpa menggunakan opsi ball in hand, maka pemain memperoleh poin 12 dalam rack tersebut. Sehingga score maksimal seorang pemain adalah 120.

Contoh kasus : seorang pemain melakukan break shot, bola 1 & 8 masuk. Pemain mendapat poin 2 (seperti aturan di poin 2). Ternyata bola 2 tertutup bola lain. Pemain memilih memindah posisi bola putih, maka dia terkena penalti -1. Kemudian pemain bisa memukul masuk bola 2, kemudian 3. Bola 4 gagal dimasukkan. Maka di rack tersebut si pemain memperoleh poin 2+(-1)+4=5. Nah semacam itu perhitungan di tiap rack. Setelah 10 rack poin dihitung. Rata-rata poin tiap sesi adalah nilai akhir si pemain tersebut.

Setelah menghitung-hitung ternyata poin saya baru 18.5….😀 . Mengenal biliar dari Juli 2006 sampai sekarang, kemampuan saya baru sekecil itu😥 . Harus latihan terus-terusan nih😉 .


Technorati : , , , , ,

Powered by Zoundry

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s