13 Alasan Menggunakan LaTeX – bagian 2

Alasan kedua dari 13 Alasan Menggunakan LaTeX adalah STABIL.

\LaTeX memiliki sistem yang lebih stabil. Dengan kata lain, source code yang pernah ditulis dan di-compile dengan menggunakan distribusi \LaTeX versi lama dapat di-compile kembali dengan menggunakan versi paling barunya sekalipun; keduanya akan menghasilkan dokumen yang identik. Walaupun 2 versi tersebut dikeluarkan pada tahun yang jauh berbeda.

Source code \LaTeX yang dibuat tahun 1990 misalnya dapat di-compile dengan baik oleh distribusi \LaTeX tahun 2003. Source code tersebut akan menghasilkan dokumen yang sama dengan dokumen yang di-compile menggunakan distribusi \LaTeX tahun 1990. Perbaikan sistem antar versi tidak mengakibatkan file yang dibuat dengan versi yang lebih lama tidak dapat digunakan.

Lain halnya dengan dokumen yang dibuat dengan menggunakan word processor. Antar versi word processor memiliki perubahan sistem yang cukup signifikan, apalagi yang memiliki perbedaan tahun cukup lama. Sehingga sangat sering terjadi dokumen yang dibuat dengan word processor versi lama tidak bisa dibuka dengan versi barunya.


Technorati : ,

Powered by Zoundry

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s