13 Alasan Menggunakan LaTeX

Tadi malam seorang teman di Belanda menanyakan apa kelebihan \LaTeX dibandingkan word processor. Saya menjawab dengan mengirimkan sebuah artikel yang saya buat, di dalam artikel itu saya mencantumkan 13 alasan mengapa orang menggunakan \LaTeX dalam membuat dokumen.

Sekadar share, setelah 1,5 tahun lebih belajar menggunakan \LaTeX saya bisa menyimpulkan kurang lebih ada 13 alasan mengapa orang perlu menggunakan \LaTeX untuk menulis dokumen. Berikut adalah 13 alasan tersebut :

  1. Gratis
  2. Stabil
  3. Bebas virus
  4. Multiplatform & portable
  5. Menghasilkan dokumen matematis yang sempurna
  6. Mudah & fleksibel menangani cross reference
  7. Menghasilkan pesan error yang mudah dipahami
  8. Banyak sumber dan referensinya
  9. Dokumen hasil beresolusi tinggi
  10. Dapat diketik pada semua jenis text editor
  11. Melakukan pemenggalan kata dengan baik
  12. Ukuran source code kecil
  13. Berstandar internasional

Pada postingan-postingan saya berikutnya akan saya jelaskan satu per satu tiap alasan di atas.


Technorati : ,

Powered by Zoundry

13 thoughts on “13 Alasan Menggunakan LaTeX

  1. Pingback: 13 Alasan Menggunakan LaTeX - bagian 2 « Blognya Tedy Tirtawidjaja

  2. Pingback: 13 Alasan Menggunakan LaTeX - bagian 3 « Blognya Tedy Tirtawidjaja

  3. Pingback: 13 Alasan Menggunakan LaTeX - bagian 4 « Blognya Tedy Tirtawidjaja

  4. Pingback: Blognya Tedy Tirtawidjaja

  5. Pingback: 13 Alasan Menggunakan LaTeX - bagian 6 « Blognya Tedy Tirtawidjaja

Leave a Reply

