Sejarah Singkat LaTeX – bagian 3

Pada tahun 1985 Leslie Lamport di Digital Equipment Corporation menciptakan \LaTeX. Secara garis besar, \LaTeX adalah “versi mudah” dari \TeX. \LaTeX dapat juga disebut sebagai antar muka antara pengguna dengan sistem dasar \LaTeX. Leslie menciptakan \LaTeX untuk mengotomatisasi perintah-perintah umum untuk menyiapkan sebuah dokumen.

Saat ini \LaTeX dan \TeX tersedia bebas di Internet dan dapat digunakan oleh siapapun. Ada banyak varian distribusi \LaTeX yang bisa diunduh di internet, di antaranya misalnya proTeXt, MiKTEX, TeXLive.

\LaTeX pada dasarnya adalah program yang dibuat sebagai typesetting tool – program untuk mengatur pencetakan dokumen. Ada 3 langkah pembuatan dokumen menggunakan \LaTeX yaitu :

  1. Mula-mula isi dokumen diketik dengan menggunakan text editor.
  2. Kemudian isi dokumen yang telah diketik ditambahi perintah-perintah \LaTeX. Perintah-perintah itulah yang akan mengatur bagaimana dokumen diatur struktur dan tampilannya.
  3. Setelah seluruh dokumen dilengkapi perintah-perintah \LaTeX, dokumen tersebut dikompilasi (compile) menggunakan \LaTeX untuk menghasilkan keluaran berupa dokumen final yang diinginkan. \LaTeX dapat menghasilkan dokumen hasil dapat dalam format PDF, DVI, atau Postscript.


Technorati : , ,

Powered by Zoundry

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s