Indeks Isi CD

Saya memiliki banyak CD yang berisi data-data, musik, dll. Kadang setelah saya burn data ke dalam CD, sulit juga mengingat-ingat di CD mana saya taruh file tertentu. Apalagi jika CD tersebut sudah lama tidak saya gunakan. Ketika saya butuh sebuah file yang ada dalam CD & bila saya lupa di CD mana saya backup file tersebut, saya terpaksa mencarinya satu-satu di setiap CD yang saya miliki. Repot dan menyebalkan. Tadi saya menemukan cara sederhana untuk membuat indeks dari isi CD yang saya miliki. Caranya dengan menggunakan perintah dir di MS-DOS Prompt. Perintah yang digunakan adalah :

dir E:\ > D:\nama_indeks.txt

Dengan menggunakan perintah di atas, akan dihasilkan sebuah file teks yang berisi daftar file-file yang ada di direktori tertentu. Pada contoh perintah di atas saya membuat daftar isi CD yang ada di drive E:\, untuk kemudian indeksnya diletakkan di drive D:\ dengan nama file nama_indeks.txt. Cara bodoh-bodohan ini cukup dapat membantu saya mengingat-ingat isi dari masing-masing CD. Jadi jika suatu saat ketika saya perlu mengakses suatu file yang saya taruh dalam CD, saya tinggal mencarinya di dalam file indeks tadi. Tidak perlu repot-repot memasukkan tiap CD untuk melihat isinya dan mencari file yang saya butuhkan. Ada kendalanya yaitu kalau di dalam CD saya terdapat banyak folder-folder lagi. Tapi untuk sementara cara ini cukup efektif saya gunakan untuk mengatasi kesulitan mencari file dalam CD.


Technorati : , , ,

Powered by Zoundry

One thought on “Indeks Isi CD

Leave a Reply

