Beda “text editor” & “word processor”?

Pernah ada sebuah pertanyaan dilemparkan di salah satu mailing list iptek yang saya ikuti, apa sih gunanya Notepad? Pertanyaan yang terkesan sederhana dan bisa juga terkesan “bodoh”, tapi dapat juga dijadikan bahan diskusi.

Notepad adalah salah satu (atau mungkin satu-satunya) text editor di lingkungan Microsoft Windows. Text editor? Apalagi itu? Text editor adalah program yang digunakan untuk mengetik teks dalam komputer, teks yang diketik dengan menggunakan text editor tidak ditambahi pengaturan format apapun, tidak diatur jenis hurufnya, tidak diatur spasinya, tidak diatur rata kanan-kirinya, dsb. Semua teks disimpan sebagai deretan karakter ASCII saja.

Lalu apa bedanya dengan word processor semacam Microsoft Word atau Open Office? Sepintas ada kesamaan antara word processor dengan text editor, sama-sama dipakai untuk mengetik. Tapi word processor punya banyak kelebihan dalam hal ketik-mengetik. Dia mampu menambahkan berbagai pengaturan tambahan, bisa mengatur jenis huruf yang akan dipakai, bisa mengatur lebar spasi, ukuran huruf, perataan dokumen, dsb.

Text editor umumnya digunakan untuk menuliskan source code sebuah program. Dengan menggunakan text editor, teks yang ditulis hanya murni berupa karakter ASCII yang disusun sedemikian rupa menjadi deretan kode program. Compiler akan membaca kode program itu satu persatu sesuai dengan bahasa pemrograman yang digunakan.

Sebuah karakter ASCII direpresentasikan dengan 8 bit data. Ketika kita menekan sebuah tombol karakter di keyboard, keyboard menghasilkan deretan 8 bit data kepada processor. Dengan sistem encoding, 8 bit data tersebut diterjemahkan menjadi sebuah karakter — sehingga ketika kita menekan tombol “A” yang muncul di text editor ya “A” juga. Tiap karakter tersusun dari kombinasi 8 bit data yang berbeda-beda. Silakan lihat Tabel Karakter ASCII berikut, pada tabel tersebut karakter “A” diwakili oleh deretan bit 10000001 (dalam bilangan Hexadecimal sama dengan 40). Jadi sebuah teks yang diketik dengan menggunakan text editor (Notepad misalnya) dapat kita analogikan dengan deretan kode 0 dan 1 saja yang tersusun sesuai Tabel Karater ASCII tadi. Murni tanpa adanya perintah-perintah pemformatan dokumen.


Technorati : , , , ,

Powered by Zoundry

3 thoughts on “Beda “text editor” & “word processor”?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s