Iklan Paranormal di POS KOTA

Sesuatu membuat saya geli pagi ini. Saya geli ketika tak sengaja membaca harian POS KOTA yang diletakan teman saya di meja tamu. Di harian itu ada beberapa iklan “PARANORMAL”. Macam-macam layanan yang mereka tawarkan : jasa menangkap tuyul/setan/dkk, pengasihan, benteng gaib, pasang susuk, santet, pelet wanita, dsb.

Ada sesuatu yang menarik untuk dianalisis, coba Anda pahami baik-baik 2 poin analisis berikut ini :

  1. Mengapa rata-rata iklan semacam ini sering sekali ada di harian yang lebih mementingkan oplah ketimbang konten berita? Yang komunitas pembacanya adalah dengan latar belakang pendidikan rendah? Meskipun tak dipungkiri banyak juga orang berpendidikan yang membacanya karena sedang mencari iklan mobil misalnya, atau sedang mengiklankan rumahnya. Tidak percaya? belilah harian yang tampilannya tidak menarik, dengan headline yang dibuat dengan bahasa seadanya, atau kadang dengan bahasa yang membuat kita geleng kepala. Hampir dapat dipastikan ada iklan-iklan seperti itu.
  2. Mengapa hampir tidak ada iklan semacam itu di harian berskala nasional yang cukup punya nama – Kompas, Media Indonesia, dll – mahalkah beriklan di harian sekelas itu? Bukankan dengan area distribusi yang lebih luas dapat menjaring konsumen lebih banyak?

Saya rasa bukan masalah ongkos pasang iklan yang menjadi pertimbangan mengapa para paranormal lebih suka beriklan di harian di poin 1 di atas. Saya pikir yang menjadi alasan adalah mereka (si paranormal pemasang iklan) tahu persis sasaran layanannya (target market). Tentu lebih banyak orang yang “percaya” hal-hal yang mereka tawarkan, jika mereka mengiklankan diri di harian seperti yang saya sebut pada poin 1 di atas. Anda menangkap kan maksud saya?

Kasihan masyarakat kita, terus-terusan dibodohi hal-hal mistis seperti ini.

21 thoughts on “Iklan Paranormal di POS KOTA

  1. Itulah kondisi masyarakat kita yang masih saja berkutat dengan hal gaib di era globalisasi dan teknologi tinggi. Kondisi itu muncul karena pola berpikir mereka masih tidak jauh dari paham okultisme, mereka masih percaya dengan animisme dan dinamisme.

    Apabila dilihat dari aspek psikologi sebenarnya bangsa kita ini mengalami krisis percaya diri. Orang yang mengalami krisis percaya diri akan selalu berorientasi pada hal-hal gaib. Contoh:
    *Bertanya pada peramal tentang masa depan.
    *Datang kepada paranormal untuk meminta ilmu pelet.
    *Meminta jimat kepada paranormal agar usahanya lancar, dsb.

    Nah, hal ini dianggap sebuah peluang bisnis bagi kalangan paranormal modern yang seringkali beriklan di koran dan majalah bernuansa mistis.
    Apakah para paranormal salah? Saya tidak ingin berkomentar. Tapi yang jelas, masyarakat kita saja yang mau dan senang dibodohi. Tentunya dalam sisi marketing tidak akan ada penjualan apabila tidak ada pembeli bukan?

    Demikian komentar dari saya, terima kasih.

    Budy Snake
    Indonesian Language & Social Observer

    • Asswb,… Saya yakin orang yg tidak mempercayai hal gaib dia bukan seorang muslim , seandai nya dia muuslim dia tdk pernah membaca alquran , karena dlm alquran jelas dari juzz1 s/d juzz 30 jelas , dari kejadian sebelum terjadi sampai akan terjadi sudah tertulis dlm allquran dan harap di ingat terlalu moderen nya manusia sampai sampai alquran di lupakan karena mereka lebih mementingkan logika ,… masya allah
      datang kedukun, paranormal , atau kyai mempercayai nya nasib akan berubah itu musrik , bersyareat lah kepada ahlinya dengan bacaan bacaan alquran dengan memohon pertolongan kepada Allah swt , menyadari kesalahan kesalahanya , mohon ampun perbanyak zikir sholat hajat & tahajud , insya Allah hajat anda akan di kabulkan oleh Allah swt Rosullulah Saw bersabda sesungguhnya mantera dan jimat adalah suatu kemusrikan
      wsslm

  2. Terima kasih Sdr. Budy

    Saya senang bisa membaca komentar Anda, cukup mengena dan mendukung analisis saya.

    Sebenarnya paranormal memang tidak bisa disalahkan…dimana ada permintaan di situ ada penawaran bukan?

  3. Paranormal…/dukun…? mungkin nama itu sangat rendah pada imets masyarakat modern, toh ada yang memanfaatkan atau membodohi masyarakat kita, saya rasa itu adalah opnum demi kepentingan pribadi, dengan kata lain bukankah orang yang punya kelebihan tidak punya sifat spt diatas…

  4. Well saya hanya ingin kasih sedikit comments saja.
    Menurut saya dan dari pengalaman saya, para paranormal itu ada 2 macam. Yang bener dan yang ga bener.Relatively semua jasa yang mereka berikan tentu ada fee/cost. nothing is free di dunia ini. Fee yang wajar is raesonable.

    Saya pernah di bantu paranormal dalam menutuhkan rumah tangga saya. dan juga saat jual rumah yang ada penunggunya. Dua dua sukses da tidak mahal.
    2 hal tersebut di kerjakan oleh 2 orang yang berbedah sesuai keahlian mereka .
    My opinion, di dunia ini ada hal hal yang di luar kemampuan kita yang orang biasa.Maka harus diselesaikan oleh orang orang tertentu yang mampu.
    sampai sekarang rumah tangga saya aman aman saja, alls happy.

    Tapi kita harus hati2 mencari orang pinter . paranormal, JANGAN yang terlalu komersial dan tarifnya gila gilaan.
    Saat saya menangani urusan rumah tangga saya , hanya kasih tip 400.000.
    (itu 50% as downpayment dan sisa setelah ada hasil)

    Ya it ok pakai jasa orang pinter buat tujuan baik tentunya.
    Kedua oarng pinter tersebut saya temukan di pos kota. dan saat datang rumah mereka juga ok , artinya bukan gubuk tapi dalam real estate di daan mogot.

    terima kasih

  5. Quran : “dan tidaklah mengerti kecuali orang2 yang berpikir” …. konsepnya begini Dunia ini adalah himpunan Realita (kenyataan). Sedangkan himpunan Logika (dunia logis) adalah himpunan kecil di dalam himpunan besar realita … Maka kalau anda tertawa dengan iklan tuyul, aji pengasihan dlsb … mungkin anda mesti set back lagi pikiran anda. contoh gampang begini … orang mempercayai roh walaupun roh tidak kelihatan. orang hanya mendefinisikan orang yang tidak punya roh disebut mayat, sedang yang masih ada rohnya di sebut hidup. Anda mau mengingkari roh yang ghaib ??? mau mengingkari existensi roh yang un-explain ??? … maka giliran saya yang menertawakan anda.

  6. bukan maksud saya membela paranormal,cuma anda termasuk orang yg awam tentang masalah gaib.saya punya pengalaman,1 th yg lalu,ibu saya sakit muntah darah hampir 1 ember,buta mendadak,lumpuh mendadak,dirawat seminggu di rumah sakit di bandung,habis jutaan rupiah,tapi dokternya sendiri ga bisa menangani penyakit aneh ini,dokter menyarankan berobat kampung,alhamdulilah syareatnya cuma dikasih air oleh paranormal sembuh sampe sekarang

    • Bagi sy apapun namanya paranormal dukun kyai , bila anda meminta pertolongan kepadanya dengan berharap bisa berhasil anda telah musrik & dan bila dukun , paranormal , kyai dengan tidak menggunakan bacaan bacaan alquran itu musrik dan kyai , dukun , paranormal ini hannyalah sebuah sebutan bila ia membantu seseorang semata mata karena Allah Ta’alla derngan bacaan bacaan alquran sesungguhnya syareatnya kepada ahlinya hakekat adalah Allah yg mengkabulkannya. insya allah

  7. Org awam dan org modern tu gda beda yg beda tu logis dan g logis,tp mslhnya logis tu udh menyimpang dr pengertiannya itu sndri.dan org yg ngaku modern memakai kata logis salahkaprah ini.logis itu bkn cm hasil dr vonis mustahil/g mgkin dr seseorang,tp hrz dibuktikan kebenarannya.ap sih beda awam+modern/b’pndidikan klo ngomong g punya dasar?

  8. Paranormal dan perahara mistik seringkali diluar nalar,mengapa??? adakalanya seseorang yang mempunyai rasa dan intelektualitas yang sempurna meragukan dirinya sendiri….sayapun pernah mendengar pendapat pasien dari salah satu paranormal,”pasien” itu berkata saya berhasil ditolong oleh paranormal A,yang lain lagi ada yang gagal…sehingga wujud dari semua hal itu adalah sugesti pemikiran…seperti banyak bacaan Optimisme dalam diri manusia menimbulkan buah keberhasilan, sehingga mereka “mungkin mensugestikan paranormal sebagai media…dan hal ini mungkin yang menjadikan keluhannya berhasil…..namun ada juga yang MenDEWAkan paranormal,sehingga Paranormal adalah tuhan….ketika mereka mengharapkan hal itulah yang membuat keragu-raguan sehingga kerapkali pasien merasa gagal dengan paranormal tsb……Paranormal tidak bisa disalahkan,,why Because its only business…….so tergantung demand-dari pasar

  9. Meminta pertolongan dengan berdo`a selain kepada Alloh adalah perbuatan SYIRIK,sebagai muslim wajib kiranya percaya kepada hal yang ghaib,jin,syaitan selalu memanfaatkan sekecil apapun peluang untuk menebarkan jebakan kepada manusia.tidak sedikit paranormal yg berkolaborasi dng mahluk gaib sebangsa jin,bagaimana bentuk perjanjianya mereka yang tahu,dosa yang diancam ALLOH dengan NERAKA,dilaknat,dimurkai,termasuk dosa besar,sebesarnya dosa adalah dosa SYIRIK.dosa pezina,pemabuk,pencuri masih lebih kecil dibanding dosa syirik,yang ancamanya kekal di dalam neraka jahanam..paranormal yang beriklan di post kota tentunya mendapat keuntungan dari jasa yg dia jual,jika rugi,masa iya betah iklan berlama lama..wkwkwkwkw

  10. GEMBLENGAN / PENGISIAN ILMU NOGOSOSRO

    “ Ma’Loemat Bai’at “

    Gemblengan ini sifatnya adalah membuka bakat / potensi supranatural seseorang
    yang terpendam, sehingga bisa muncul kepermukaan sekaligus bisa dimanfaatkan
    keberadaannya. Kami telah menemukan cara gemblengan ini dengan system bai’at
    sehingga anda tidak perlu puasa , wirid , maupun jurus-jurus. Dalam waktu 30
    menit Anda akan menguasai sekaligus memanfaatkan potensi untuk :

    * Menyembuhkan diri sendiri
    * Menyembuhkan orang lain
    * Menyembuhkan orang gila / Stress
    * Menyembuhkan Santet , Guna-guna , Sihir , Teluh
    * Mendeteksi penyakit gaib
    * Mendeteksi Makhluk Halus
    * Mendeteksi isi pusaka
    * Mengambil isi pusaka
    * Mengambil ilmu orang lain / Melumpuhkan
    musuh
    * Menetralisir Tempat Angker
    * Memagari Rumah / Tempat Usaha
    * Mempertajam ilmu yang telah dikuasai
    * Mengisi Khodam ke benda-benda pusaka
    * Kontak dengan Makhluk Halus
    * Kuat Lahir Bathin
    * Mengisi Orang Lain
    * Jauh dari Kesialan Hidup
    * Kewibawaan , Karir , Kesaktian
    * Dicintai Sesama
    * Rukun Tentram Rumah Tangganya
    * Maju dalam segala Usahanya
    * Rezeki datang Mengalir dan Berkah
    * Ilmu ini bisa diturunkan ke Anak , CuCU
    , Orang lain
    * Selalu terbimbing keimananNya

    BAI’AT INI TERBUKA UNTUK SEMUA
    PEMELUK AGAMA PRIA ,WANITA

    DIATAS UMUR 20 TAHUN , BISA DATANG
    LANGSUNG.

    * Mahar Bai’at Pribadi Rp. 550.000.-Bonus
    Tasbeh JUMLAH 33 BUTIR
    * Mahar Bai’at Program Guru Rp.1.100.000.-
    Tasbeh JUMLAH 99 BUTIR

    ALamat pratek . JL.RAYA BEKASI KM.23 RT/RW.002/05 NO.146 CAKUNG BARAT JAKARTA
    TIMUR

    HP. 081932242869 ( KI HADI )

  11. asswb khusus buat yg muslim lebih baik banyak berzikir , memperbaiki sholat dan perbanyak sholat malam dan puasa sunnah insya allah anda tak perlu macam macam karena anda sudah tterbentengi langsung dengan Allah swt
    wslm

  12. karena memang tidak diperbolehkan beriklan diharian yang anda maksudkan,k alau saja boleh tentu kami akan beriklan…jadi sory sekali prasangka geli negatif anda sangat2 lah salah dan saya yg iseng buka google sekarang tertawa terbahak melihat status anda…hehehhehe
    silahkan klik link saya di
    http://www.sumerahdiri.blogspot.com...

  13. membahas apa yg kang budi snake bicarakan menurut saya, malah kita terlalu kemoderenan dgn ala dan gaya sok eropaan atau amerikaan…coba kita lihat tradisi maupun dalam aspek budayapun kita sudah gengsi dan malu tuk bertutur kata…padahal kemusyrikan sesungguhnya tanpa disadari sudah mulai tergambarkan dgn pasti….anak muda sekarang kalau apel tidak membawa mobil/duit/gelar pendidikan akan malu dan ngedroup untuk berkunjung kpd si calon mertua…dan sicalon mertua akan bertanya sudah mampu apa saja untuk menikahi anak saya(maaf bukan ditanya sudah sejauh mana tatacara ibadah anda)….
    tapi saya berpikir realistis saja bahwa kita manusia asia yg menjadi korban doktin dunia barat (sah2 saja sebenarnya)

  14. saya suka tertawa sendiri melihat pola pikir yg membodohi sendiri alias munafik diri…coba kita sering sekali mendengar dan melihat tulisan…kalau kita meminta pertolongan kpd selain Alloh Swt kita adalah musyrik…akan tetapi saya akan menantang saudaraku sekalian dgn gaya saya…coba dimana istri anda/ibu anda akan melahirkan…(cukup anda berdoa saja dan baca ayat2 yg anda maksud..tanpa harus meminta kpd selain Alloh(manusia))…pastinya jawaban anda akan berbeda…nah dari cara pola pikir maupun kedewasaan …seharusnya anda sudah paham dalam melihat sgl sesuatunya….tergantung sejauh mana anda bernegatif ria ataupun Su’udzon kpd sesuatu yg baru di dengar/dilihat/katanya….memang tidak menafikan bahwa di era sekarang bnyak oknum di kalangan spiritualis/paranorma/dokter/dosen/tukang beca/supir angkot/huru/ibu rumah tangga yg tidak sesuai prosedur sesuai bidangnya kan hahahhahahha

  15. Solusi pesugihan pada kami : MENGATASI MASALAH TANPA MASALAH Butuh dana cpt & nyata? Tdk bertele dan pasti tentunya! Kami tawarkan bukti bkn janjj keberhasilan anda yg kami utamakan, rtl ckp hny 1mlm ( singkat ) tumbal & tdk tumbal lengkap pd kami, asal pnya : niat, siap dan nekat dijamin sukses, fokus & kosentrasi maka dalam hitungan jam akan selesai , info lengkap bisa anda buka di : http://www.lifesuccesspesugihan.blogspot.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s