Texmaker, LaTeX Editor

Di Window saya biasa menggunakan TeXnicCenter sebagai text editor untuk \LaTeX. Sayangnya TeXnicCenter tidak bisa dipakai di Linux (kecuali mungkin dengan menggunakan emulator). Jadi saya instal texmaker. Texmaker cukup mudah diinstal di Ubuntu ini, cukup dengan perintah :

$ sudo apt-get install texmaker

Texmaker memang memiliki tampilan yang lebih bagus dibandingkan TeXnicCenter. Tapi sejauh ini saya lebih suka menggunakan TeXnicCenter, karena selama proses kompilasi TeXnicCenter menampilkan log file secara realtime. Di Texmaker, log proses kompilasi juga dibuat tapi tidak ditampilkan secara langsung. Dari sisi tampilan, command shortcut, document template, icon Texmaker lebih unggul dibandingkan TeXniCcenter. Lihat tampilan Texmaker yang sudah saya instal :

texmaker

2 thoughts on “Texmaker, LaTeX Editor

  1. Maaf saya newbie untuk latex, tulisannya bagus sekali, sangat membantu.
    Menurut anda editor latex yang paling bagus yang mana ?

Leave a Reply

