Novel GAJAH MADA

Akhir minggu lalu saya membaca novel berjudul GAJAH MADA. Novel karangan Langit Kresna Hariadi ini adalah sebuah epos tentang Gajah Mada, seorang mahapatih dari kerajaan Majapahit. Sebuah novel fiksi dengan latar belakang sejarah salah satu kerajaan tua yang pernah ada di pulau Jawa. Berikut adalah tampilan depan novel ini.

Kisah ini bercerita tentang pemberontakan yang terjadi di kerajaan Majapahit. Pemberontakan dilakukan oleh Rakrian Kuti melawan pemerintahan Jayanegara, raja kedua di kerajaan Majapahit. Konflik terjadi di seputar perang antara pemberontak dengan pasukan kerajaan, proses penyelamatan Jayanegara, dan proses perebutan kembali tahta kerajaan Majapahit ke tangan Jayanegara. Kisah digerakan oleh kepiawaian Langit Kresna Hariadi dalam meramu konflik-konflik yang terjadi menjadi sebuah cerita yang menegangkan dan penuh kejutan. Yang paling banyak diceritakan adalah bagaimana pasukan pimpinan Gajah Mada, dikenal dengan nama pasukan Bhayangkara, menyelamatan raja dan menyelamatkan kerajaan dari tangan pemberontak. Pasukan Bhayangkara adalah pasukan elite di Majapahit, semacam Paspampres atau Kopassus di Indonesia saat ini.

Di antara sekian kisah patriotik yang dikisahkan, ada juga terselip kisah percintaan. Tidak banyak memang kisah cinta yang ada dalam novel ini, tetapi adanya kisah cinta ini menjadi sebuah bagian penting dalam novel ini. Bagaimana salah satu pemberontak yang ternyata memendam cinta terhadap saudara Jayanegara, memang peranan penting dalam alur cerita kisah ini. Salah satu kelebihan novel ini adalah adanya kesesuaian kisah fiksi dengan sejarah. Terbukti dari banyaknya bukti sejarah yang bisa kita lihat juga dalam buku-buku sejarah yang menceritakan kerajaan-kerajaan di pulau Jawa, prasasti-prasasti yang disebut dalam novel ini juga memang ada pada nyatanya, seperti misalnya prasasti Balitung.

Bagi Anda yang menyukai kisah fiksi dengan latar belakang sejarah buku novel ini sangat layak untuk dibaca. Langit Kresna Hariadi membuat juga 3 seri novel Gajah Mada yang lain, yang saya ingat di antaranya adalah seri Gajah Mada : Hamukti Palapa, Perang Bubat, dan seri terakhirnya Tahta & Angkara. Menarik kisahnya, menegangkan, salut untuk Langit Krena Hariadi yang sanggup menghidupkan tokoh-tokoh yang ada dalam novel ini. Saking senangnya dengan novel Gajah Mada saya cuma butuh waktu 2 hari untuk menghabiskan membaca buku setebal 500an halaman ini. Saya pasti akan berlanjut membeli semua seri dari tetralogi ini. Dapat dipastikan saya pasti akan berlanjut membeli semua seri dari tetralogi ini.


Technorati : , ,

About these ads

34 thoughts on “Novel GAJAH MADA

  1. Pingback: Menunggu « Blognya Tedy Tirtawidjaja

  2. Salam kenal Sdr. Tedy… Anda ini memang suka membaca novel atau memang pengamat sejarah juga? Nampaknya novel tersebut sangat menarik untuk anda, namun untuk saya saat ini memang belum ada keinginan untuk membacanya. :)

  3. Salam kenal juga Sdr.Budy.
    saya memang suka baca novel. Sejarah juga saya senang. Dulu waktu kecil pun saya suka denger sandiwara radio yang ceritanya tentang kerajaan-kerajaan di Jawa..Anda suka novel juga?

  4. Untuk saat sekarang kecintaan saya pada novel hanya terbatas pada karya Alm. Pramoedya Ananta Toer.
    Yang sangat berkesan untuk saya adalah karya tetralogi Buru. Saya yakin anda sebagai pencinta novel sekaligus sejarah sudah pernah membacanya.

  5. Ya buku tetraloginya Pramoedya memang menarik sekali untuk dibaca. Dengan setting sejarah juga membuatnya punya daya tarik sendiri untuk dibaca. Sekitar tahun 2003 saya menghabiskan 4 seri buku tersebut : Bumi Manusia, Anak Semua Bangsa, Jejak Langkah, dan Rumah Kaca.

  6. Pingback: Buku Kedua Novel Gajah Mada « Blognya Tedy Tirtawidjaja

  7. Hallo Teddy, aku langit kresna hariadi yang sedang menjadi perhatianmu, terimakasih dengan blog yang kau punya ini. Lewat ruang ini aku mengabarkan bahwa Gajah Mada V Madakaripura Hamukti Moksa akan terbit dalam minggu ini. Namun selanjutnya bulan Agustus mendatang akan akan menerbitkan Candi Murca I, Ken Arok Hantu Padang Karautan.
    Naskah asli akan saya sebar untuk mendapatkan input komentar, mau baca lebih dulu? hubungi aku di candimurca@yahoo.com

  8. Pingback: Webnya Langit Kresna Hariadi « Blognya Tedy Tirtawidjaja

  9. Pingback: Webnya Langit Kresna Hariadi « Candi Murca

  10. hai, salam kenal.
    saya juga sangat menyukai novel tsb.
    Langit kresna hariadi memang pandai dalam menghidupkan ceritanyah.
    selama ini saya jarang menghabiskan novel yang saya baca, tapi untuk gadjah mada, iya, saya habiskan dalam waktu 3 hari..:D
    teman saya malah ada yang sehari habis…hwehehe

  11. Dengan tidak sengaja saya membuka blok ini, Salam kenal untuk panjenengan dan kebetulan saya kakak Langit. Saya mencoba mengobservasi tanggapan atau komentar pemerhati Gajahmada. Dengan blok ini saya mendapatkan sebagian yang saya cari, terima kasih.

  12. mas Tedy,
    saya malah belum membaca serial Gajah Mada nya mas Langit, malah saya mulai dengan Candi Murca 1. Menurut saya Candi Murca 1, sangat imaginative dimana saya tidak menduga isinya akan lompat ke waktu yang berbeda-beda…salut pada pengarang yang jeli dan memiliki kreatifitas tinggi.
    Insya Allah, mulai bulan depan mulai membaca serial Gajah Mada.. Maju terus pengarang Indonesia…

  13. @ raharyanto : tenang saja Mas Candi Murca 1 gak ada hubungannya kok dengan serial Gajah Mada jadi gak akan kehilangan alur. Tapi jangan seperti saya yang salah membaca Hamukti Palapa dulu sebelum membaca Bergelut di antara Tahta & Angkara…nah itu baru menyesal sebab kehilangan alur. Yang 4 buku itu urut saja Mas bacanya. Gajah Mada, Tahta & Angkara, Hamukti Palapa, baru Perang Bubat

  14. Ikut seneng saya baca-baca blog ini. semoga Pak langit baca juga tulisan saya yang pendek ini…Kapan nih mampir lagi ke gg. anggrek di utara yogya?

  15. salam kenal

    wah, akhirnya ketemu dengan para penggemar gajah mada…novel yang sarat dengan pesan juga. saya sangat tergila-gila dengan semua seri gajah mada, dan membaca dengan benar, alias urut dari seri 1-5. saya sampe begadang semalem suntuk untuk bisa tidur nyenyak tanpa harus penasaran dengan isi novel, bahkan ikut hanyut di dalamnya… Untuk candi Murca…acung dua jempol!

  16. Aku telat menemukan Gajah Mada (the series), tapi cuma butuh 10 hari untuk menghabiskan lima bukunya: Gajah Mada, Kemelut antara Takhta dan Angkara, Hamukti Palapa, Perang Bubat dan Madakaripura Hamukti Moksa. Sekarang lagi menyimak kata demi kata Ken Arok Hantu Padang Karautan. Trims buat Mas Langit Kresna yang udah oke dengan bermain dalam setting sejarah. Murid2 saya ( he he he Saya guru sejarah SMA nih) udah ngantri untuk pinjam buku Gajah Mada gara2 saya promosi isi buku tersebut. Iklan gratis kan!?
    Tolong dong kalau difilmkan (begitu harapan Mas Langit dalam suratnya di dalam Ken Arok Hantu Padang Karautan) kirimin saya satu copy-nya.
    Saya ngajar di SMA Islam Al-Azhar 4 Bekasi.
    Berilah kami “pencerahan” …..

  17. TOP….
    baru hari minggu kemaren aku baca novelnya….(27012008).
    Awalnya hanya iseng2 ajah…karena aku tidak begitu suka novel….istriku yg menyukainya…begitu dia selesai membacanya dia menyarankan aku untuk membacanya katanya bagus…ya sudah iseng2 aku buka halamannya lembar perlembar…dan ternyata MANARIK…makin di baca makin penasaran apalagi untuk mengetahui kedua teliq sandi nya Rakrian Kuti….aku bener2 TAKJUB sampai2 aku yg menyarankan untuk membeli buku kedua dan seterusnya kepada istriku…

    bacaanya ringan dan sesekali penulis memakai kosakata yg lucu dan seperti keluar dari hati dan kehidupan sehari2….itu yg bikin NOVEL ini tidak membosankan…

    akankah NOVEL yg kedua bagus?…aku beli dulu deh nanti kalo ada waktu komen lagi….

    anyway thanks tuan blog’s for the space to give comment

  18. Bagus banget,deh! Tanpa bermaksud merendahkan novel-novel lain, ini merupakan novel indonesia terbaik dan saya beli.Biasanya saya menjadi penggemar novel-novel karya Jhon Grisham, Agatha Cristie atau Jostein Gardner.Novelnya tidak membosankan. Alurnya benar-benar bagus.Orangtua saya juga sangat suka, terutama mama saya yang merasa kehilangan cerita-cerita berbau sejarah sejak S.H.Mintarja mangkat.Gak ada kata-kata lain deh selain hebat ?!

  19. ASS.
    saya termasuk orang yang telat membaca GaJah Mada – kira2 baru bln feb 2008. dan kaget banget ternyata ada novel ini. dari dulu sy suka skali membaca tentang sejarah kerajaan2 di indonesia dr samudera pasai smp mataram. jadi makasih skali buat kang LKH yang sudah bikin novel yang luar biasa ini. cuman kalau boleh tau – buat kang langit – alangkah lbh lengkap lagi kalau crita Gajam Mada ini dilengkapi dengan cerita awal kerajaan majapahit dari Raden wijaya. atau jangan2 serita Candi Muksa yang katanya samp jild 10 berakhir smp raden wijaya, krna setahu saya raden wijaya ( pndiri majapahit) adalah keturunan ken arok + ken dedes ?

  20. sy br aja bc seri pertama GM, wah.. keren juga, habis 2 hr he..kaget banget pas ke toko buku ada buku novel berlatar belakang sejarah, berseri pula ..wah..salut buat mas langit..jd inget masa kecil waktu suka dengerin`saur sepuh`..gak sabar mau beli yg seri ke 2.. kali aja ya ada yg mau buat filmnya ..jd ky `lord of the ring `…waaaaahhhh….

  21. saya sudah tamat membaca Taiko, novel tentang sejarah jepang saat zamannya 3 penyatu (Nobunaga-Tokugawa-Toyotomi)..

    saya juga baru selesai membaca Romance Of Three Kingdom tentang cina di masa 3 kerajaan (Shu-Wei-Wu)…

    setelah membaca kedua buku itu saya jadi sangat penasaran, novel indonesia apa ya yang bertipe sama? karena saya jatuh cinta dengan cerita peperangan jaman dulu seperti itu.

    dan di post anda sepertinya saya menemukan jawabannya, terima kasih banyak pak…

  22. Ternyata ketemu juga orang2 yang masih cinta sejarah….Terutama Mas LAngiit Kresna Hariadi.saya salut sekali sama beliau,beliau masih konsisten menulis tentang sejarah indonesia.Mulai dari Gajah Mada,Perang Paregrek(saya tunggu seri keduanya)dan yang lainnya.
    Saya tidak menyangka kalu masih ada orang yang mau bersusah payah melakukan riset sejarah untuk ditulis seperti Mas Langit.

    Tetap Semangat!!!

  23. Met pagi sma, semlm saya teringat klo dl saya pernah menjadi pendengar setia sandiwara radio dengan judul “prasasti” tentang gadis baulawean tapi yg jd pikiran dl sy ga sampai selesai mengikutinya krn sesuatu hal yg sy jg dah lupa apa. setelah teringat say jd penasaran bgmn ending cerita tsb. Apa sodara2 sma ada yg bisa memberi informasi apakah serial tsb ada novelnya dan bgmn bs mendptkannya. Thank’s…

  24. Gajahmada…
    Seorang yang berposisi penting daLam kerajaan majapahit itu ya….

    aku beLum pernah ngeLiat orangnya secara Langsung….
    Hay….
    SaLam kenaL… :-)

  25. BREAKING NEWS: Saat ini sedang dipersiapkan proses produksi Film Kolosal Layar Lebar dan Mega Sinetron dengan judul ‘MAHAPATIH GAJAH MADA’.produksi PT TAWI NUSANTARA FILM (Pamulang) dengan Sutradara Renny Masmada, yang telah mempelajari Sejarah Mahapatih Gajah Mada selama 20 Tahun. Saat ini kita sudah bisa melihat persiapan pembuatan setting & property-nya di lokasi shooting di daerah Mekar Bakti-Panongan Cikupa-Tangerang. Sedangkan lokasi casting & latihan dilakukan di Jl. Benda Barat 3 Pamulang 2 – Tengerang. Rencana film ini nantinya akan dipasarkan di seluruh Asia Tenggara. Semoga dpt meningkatkan ‘nasionalisme’ kita. Terima kasih (PT TNF PUBLICATION DEPT)

  26. saya juga pernah membaca novel ini, I dan II. cerita dan alurnya sangat jelas, deskriftif dan imajinatif. serasa membawa pembaca menulusuri setiap ruang di kerajaan majapahit. saya berusaha untuk mendapatkan seri yang ke-3……

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s